Rabu, 13 Februari 2013

Cichlid


Siapa yang tidak kenal Cichlid, ikan dari keluarga cichlidae yang terdiri dari kurang lebih 160 genera dengan lebih dari 2000 jenis ini telah memiliki banyak penggemar yang tergabung dalam komunitas-komunitas yang tersebar di seluruh dunia. Cichlid boleh dikatakan merupakan keluarga ikan terbesar yang ada di atas bumi ini. Bahkan saking banyaknya, para aquarist pemula sering tidak sadar bahwa beberapa ikan seperti Discus, Angelfish atau bahkan Oscar dan Red Parrot yang memang penambakannya tidak seperi cichlid pada umumnya juga termauk jenis ini. Setengah dari keluarga ini setidaknya masuk dalam genus Haplochromis. Selain Haplochromis keluarga ini di dominasi oleh Cichlasoma dan Tilapia.


Cichlid dijumpai diberbagai tempat seperti di Amerika tengah dan Selatan, Afrika dan di beberapa bagian Asia. Mereka tersebar di muka bumi kecuali dibagian paling utara dan selatan bumi. Mereka tersebar di luas di tiga bagian terpisah. Penyebaran seperti ini sempat memuculkan tanda tanya, yang kemudian terjawab dengan munculnya teori pergerakan bumi.

Anggota famili cichlid sangat bervariasi mulai dari ukuran kecil hingga besar. Cichlid dicirkan oleh sirip punggung tunggal dengan tulang keras dibagian depan dan tulang lembut dibagian belakang. Pada umumnya cichlid mempunyai kepala besar dengan gurat sisi terdiri dari dua bagian. Mereka dapat ditemukan diberbagai macam habitat.

Cichlid diketahui berhasil dalam beradapatasi dengan lingkungan danau berupa rift valley di Afrika, seperti danau Tanganyika dan Malawi, yang kondisi ekologinya sangat tidak umum. Mereka juga diketahui dapat hidup dalam kondisi lingkungan yang keras seperti dalam air berkadar garam tinggi, air hangat, air dengan kadar oksigen rendah, di dalam gua-gua dan dalam sungai berair deras.Etroplus suratensis, E Maculatus, Hemichromis bimaculatus, H fasciatus, Chromicotilapia guentheri, dan beberapa jensi Tilapia adalah beberapa contoh yang hidup dalam ligkungan demikian. Sarothrodon alcalicus misalnya hidup dalam danau berair soda yang memiliki kandungan Natrium karbonat tinggi dengan pH 10.5. S. a. grahami hidup di danau air panas yang suhunya sekitar 40 ° C. S aures bahkan diketahui hidup dalam lingkungan yang nyaris tidak mengadung oksigen. Sedangkan Cichlasoma uropthalmus hidup dalam gua-gua di daerah Semenanjung Yucatan.

Memelihara Cichlid



Aquarium

  • Semakin besar aquarium semakin baik, selain dapat memeliharan cichlid secara berkelompok juga karena ikan jenis ini memiliki tingkat pertumbuhan yang cukup cepat.
  • Berhati-hatilah dalam menggabungkan dua atau lebih jenis cichlid dalam satu aquarium. Karena ikan jenis ini sedikit agresif. Sehingga ada kemungkinana terjadi pertarungan antar cichlid.
  • Aquarium anda harus memiliki tutup. Karena sebagian cichlid juga merupakan pelompat yang hebat.

Kondisi air

  • Gunakan heater pada suhu 26°C
  • Beberapa cichlid dapat hidup dengan pH kurang dari 6, sebagian lagi hanya hidup dengan pH diatas 8. Jadi carilah informasi mengenai cichlid yang akan anda pelihara.

Dekorasi

  • Batu dan kayu atau tempat persembunyian sejenisnya sangat penting jika anda memelihara beberapa jenis cichlid dalam satu aquarium. Sehingga jika terjadi pertarungan cichlid dapat lari dan persembunyi disana.
  • Perhatikan jika anda anda ingin menambahkan tanaman (aquascape). Karena sebagian cichlid suka memakan daun-daunan. Untuk menghindarinya mungkin anda bisa menggantinya dengan tanaman imitasi.

Perawatan

  • Ganti air seminggu sekali, cukup ¼-nya saja
  • Bersihkan kaca dari algae yang menempel, setidaknya setiap bulan

African cichlids

Cichlid afrika pada umumnya tidak agresif dan dapat hidup damai dengan cichlid lainnya, sehingga tidak akan ada masalah ketika digabungkan dengan ikan lainnya. Cichlid ini akan sangan senang jika ditempatkan di aquarium yang memiliki banyak tempat persembunyian dan tanaman 9aquascape)

American cichlids

Berbeda dengan african cichlid, cichlid ini sedikit agresif dan suka memakan tumbuhan yang kita tanam dalam aquarium. Jika kita kita ingin memelihara cichlid jenis ini lebih dari satu dalam satu aquarium, coba untuk memasukan dua dulu dengan ukuran yang sama. Jika mereka dapat hidup dengan damai anda dapat menambahkannya lagi secara pertahap. Batu dan tempat persembunyian lainnya juga sangat penting untuk menghindari luka yang serius jika sewaktu-waktu terjadi perkelahian antar cichlid.

Amazon cichlids

Cichlid ini tumbuh sangat besar sehingga setidaknya anda harus memiliki aquarium 200 liter. Cichlid jenis ini juga sangat agresif sehingga hampir tidak mungkin untuk menggabungkannya dengan ikan lain.

Klik disini untuk Jenis-Jenis Cichlid

Sumber:
http://o-fish.com/Cichlid/cichlid.php
http://www.cichlidssite.com/cichlid-aquarium-setup/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...