Jumat, 18 Januari 2013

Oscar

Oscar  (Astronotus ocellatus) merupakan salahsatu jenis cichlid yang telah relatif lama akrab dengan manusia.  Ikan ini sudah kurang lebih 50 tahun akrab dengan manusia.    Oscar adalah ikan yang berasal dari Amerika Selatan, S. Amazon, Parana, Rio Paraguay, dan Rio Negro.  Hampir semua Oscar yang beredar saat ini adalah hasil dari pembudidayaan, jarang yang merupakan tangkapan asli dari habitatnya.

Oscar berasal dari sungai dengan kesadahan rendah dan bersifat masam. Meskipun demikian,  

ikan ini diketahui toleran pada hampir segala kondisi air.  Meskipun toleran pada berbagai kondis air, Oscar  perlu dipelihara pada kondisi suhu 26° - 30° C.  Setting akuarium yang dikehendaki adalah dengan dasar pasir yang dalam dan beberapa butir batu besar.

Oscar dapat mencapai ukuran 35 cm, akan tetapi rata-rata ikan ini berukuran maksimal 30 cm.  Oscar termasuk ikan cerdas dan memiliki kepribadian.  Mereka dapat belajar dengan cepat mengenai jadwal makannya.   Hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan makanannya dapat direkam dengan baik oleh ikan ini. Apabila dilatih, Oscar dapat menerima pakan langsung dari tangan pemiliknya.  Mereka dapat melompat hingga ketinggian 15 cm agar dapat meraih pakan dari tangan si pemilik.
Banyak varian Oscar yang telah dikembangkan selama ini, diantaranya adalah: Tiger Oscar, Red Tiger Oscar, Albino Tiger Oscar, Albino Red Oscar, Gold Oscar, Half Back Oscar, Long Fin Oscar dll.

Pakan 

Oscar tergolong ikan karnivora ( pemakan daging ). banyak type jasad pakan yang dapat dimakan oskar, diantaranya, cacing-cacingan, udang-udangan, beragam jenis serangga, serta ikan-ikan kecil. hobbies biasa berikan makan oskar dengan apa saja. bersua kecoak di kamar mandi, dikejar, ditangkap serta jadikan pakan untuk oskar. asal ikan itu akan makan serta hobies bisa nikmati keindahan cara oskar melahap mangsanya yang demikian enak ditonton.

Tetapi untuk beroleh mutu warna serta batikan oskar yang baik kurang cuma asal kenyang. tetapi yang lebih utama yaitu memperhatikan kandungan pigmen pakan yang didapatkan.

Pakan yang gampang didapatkan di pasaran atau di beberapa toko akuarium disamping pakan buatan, yaitu udang rebon serta cacing rambut. nyatanya udang rebon serta cacing rambut semakin bisa mencukupi kepentingan pigmen untuk ikan hias, terhitung oskar. tetapi kandungan pigmen pada udang rebon tambah lebih tinggi di banding cacing rambut. hasil perbandingan dampak pakan udang rebon ( acetes. sp. ), cacing rambut ( tubifex ), serta campuran keduanya menunjukkan bahwa pemberian pakan udang rebon-lah yang membuahkan warna batikan optimal yang condong lebih jingga atau merah.

Serta menurut hasil uji pengamatan mata ( organoleptik ) dengan udang rebon mutu warna batikan serta batikan oskar memperoleh nilai 8, 1. namun pemberian pakan campuran udang rebon serta cacing rambut pada ikan oskar cuma dapat memperoleh nilai organoleptik 4, 3 ( pengujian dikerjakan oleh : ester nuki urs, th. 1992 ).

Berlebihan lain pemberian pakan udang rebon untuk oskar yaitu dapat membuahkan luasan batikan yang berwarna jingga muda kemerah-merahan relatif lebih luas dibanding pemberian makanan pakan campuran.

Jenis-Jenis oscar





Oscar Albino 


Oscar Albino Red


Oscar Albino Tiger

Oscar Gold 


Oscar Red 


Oscar Red Tail Bahia


Oscar Speckled Red 


Oscar Tiger 


Oscar Wild Amazon


Oscar Wild Argentina 


Oscar Wild Brazil


Oscar Wild Crassipinnis


Oscar Wild Florida 


Oscar Wild Orbicularis


Oscar Wild 

Oscar Wild Venezuela 

Oscar Red Tiger 

Budidaya Oscar

Ikan oscar, yang mempunyai pesona warna tubuh eksotik seperti batik, umumnya dipijahkan di bak semen (kolam) yang berukuran lumayan luas. 

Akuarium ditutup koran 

Induk oscar yang dapat dipijahkan di akuarium, sudah pasti mesti induk dambaan yang telah lolos dari beragam jenis seleksi. persyaratan induk dambaan yang butuh di perhatikan, salah satunya yaitu dari pasangan ideal, telah cukup usia, tak ada cacat, serta yang utama ke-2 induk telah masak kelamin. 

Untuk akuariumnya, dipakai yang berukuran 100 kali 50 kali 50 cm. sebelum saat diisi air, akuarium dibersihkan serta dikeringkan sekian hari. untuk berikan situasi safe, serta sedikit remang - remang, dinding sekeliling akuarium sengaja ditutup rapat sisi luarnya dengan kertas koran. untuk subtrat penempel telur, dapat menggunakan sesuatu ubin tegel berukuran 20 kali 20 cm, yang ditempatkan di basic akuarium. ubin tegel ini berperan sebagai ranjang pengantin. pada mulanya butuh disikat bersih supaya terbebas dari semua kotoran. 

Air di akuarium, kedalamannya cukup 25 - 35 cm. suhu air juga diatur berkisar pada 25 - 26 derajat celcius. 

Apabila seluruhnya telah siap, induk oscar ditangkap memakai serokan, lantas dimasukkan dengan perlahan ke didalam akuarium yang telah diservis jadi kamar pengantin. selang 1 hari lantas, umumnya ( awal hari ) dapat tampak kumpulan telur oscar diatas ubin tegel. 

Segera sesudah tampak kumpulan telur oscar, pasangan induk baiknya dipindahkan ke area lain. di area tersebut, janganlah lupa untuk berikan pakan yang bergizi atas jerih payahnya semalam, contohnya berbentuk udang fresh maupun cacing tanah. 

Telur - telur hasil pemijahan, terus dilewatkan didalam akuarium untuk ditetaskan. sepanjang masa penetasan ini, butuh dimasukkan selang aerator yang dipasangi batu aerasi ( air stone ) untuk mensuplai persediaan oksigen. apabila tidak ada aral melintang, menyambut 2 hari lantas, umumnya mulai tampak anak - anak oscar yang berukuran lembut serta berenang naik - turun. 

Menjaga benih 

Mulai hari ke - 4, benih oscar umumnya telah mulai berenang bebas. pada waktu ini, berikanlah makanan berbentuk kutu air ( daphnia ) yang sudah disaring. dua minggu lantas, penjarangan oscar telah mulai dikerjakan. langkahnya, benih dipindahkan ke area yang lebih luas ( contohnya, bak/kolam semen ). 

Di tempat barunya ini, diusahakan supaya situasi airnya sama juga dengan situasi air akuarium area perawatan pada mulanya. suplai oksigen melewati aerator terus dikerjakan serta mulai diperbesar kekuatannya. 

Dari sepasang induk oscar yang dipijahkan di akuarium, umumnya bisa dihasilkan 1. 000 - 1. 500 ekor benih ikan oscar. 

Sumber:
http://akuariumhias.blogspot.com/2012/12/tips-budidaya-ikan-oscar.html
http://akuariumhias.blogspot.com/2013/01/pilihan-pakan-membentuk-corak-ikan-oscar.html
http://www.o-fish.com/Spesies/Astronotus.htm


1 komentar:

indo biotech mengatakan...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan ASTHAXANTINE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...