Sabtu, 01 Desember 2012

Ikan Buaya, Alligator gar (spatula)



Atractosteus spatula atau alligator garr sering disebut spatula ataupun ikan alligator diindonesia,adalah monster yang sesungguhnya ikan primitif ini berkepala mirip buaya dan cara makanya juga menyerupai buaya apa saja yang mengandung daging pasti dilahap habis.Spatula adalah jenis gar terbesar perbedaan mencolok terdapat pada moncong yang pendek,kokoh,besar dan rahang atasnya memiliki baris gigi besar ganda warna tubuh gar asli hitam tapi dipasaran juga ditemukan kecoklatan (mungkin hasil silang),perbedaan lain yaitu pada nafsu makan ikan yang sepertinya tidak pernah kenyang dan pertumbuhanya yang bisa dibilang sangat cepat.


Rekor dunia mancing ikan dari amerika utara ini adalah 127 kg(yang ditangkap dengan teknik mancing),sedangkan dengan teknik bowfishing adalah 166 kg.Menurut sumber ikan ini bisa bertahan di darat sekitar 2 jam.

Dipasaran jakarta ikan ini untuk ukuran +-30 cm biasa dijual dengan harga 100-150 ribu,sebenarnya spatula adalah jenis ikan larangan karena tidak boleh dilepaskan disungai indonesia,ditakutkan akan mengganggu kestabilan ekosistem alami sungai/danau di sini.Tapi pernah juga dimedia terdengar kabar ada masyarakat yang menangkap/menemukan ikan ini di alam liar,bahkan ada juga yang mengeramatkan ikan ini (karena menganggap ikan jadi-jadian) itu sebenarnya karena ketidaktahuan mereka saja.

Penyebaran alami ikan ini ditemukan di Mississippi River Valley dan Pantai Teluk negara bagian Amerika Serikat dan Meksiko tenggara sampai selatan

Jika anda mau memelihara ikan ini pastikan siap untuk membeli makanya kalo ukuranya sudah diatas 1meter pasti makanya lebih mahal dari harga ikanya dan pastikan juga tempat untuk memelihara butuh kolam/paludarium yag besar,pastikan juga tempatnya terlindung dari anak kecil.

Ikan ini berenang di zona atas dan setiap beberapa menit mengambil nafas dari udara

Perawatan

Suhu yang di kehendaki oleh ikan ini berkisa 20-250 derajat cecius,untuk memeliharanya di aquarium diperlukan berbagai jenis tanaman-tanaman air ( Imitasi atau Buatan ),pasir dan bebatuan karena itu adalah habitat alaminya dan membuat ikan ini tidak gampang stres.Dan jika ingin di satukan dengan ikan lainnya sebaiknya ukurannya seimbang karena ikan ini tidak akan segan-segan untuk menyerang ikan lainnya.Ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Pakan

Karena ikan ini adalah ikan karnivora jadi ikan ini dapat di beri pakan berupa pakan-pakan hidup seperti ikan2 kecil,udang,dan beberapa serangga.Yang sangat di rekomondasikan adalah anakan ikan lele daripada pakan dan ikan kecil laiinya.Tapi,tetaplah memberikan pakan yang bervariasi agar ikan anda tidak bosan dengan makanan yang anda berikan.

Jenis-Jenis Alligator Gar

Longnose Gar(lepisosteus osseus)
Shortnose Gar(lepisosteus platostomus)
Sotted Gar(lepisosteus oculatus)
Alligator Gar(atractosteus spatula)
Tropical Gar(atractosteus tropicus)
Cuban Gar(atractosteus tristoechus)

Sekarang adalah para hybrid Gar

Crocodile Gar Tipe I:Shortnose Gar x Alligator Gar
Crocodile Gar Tipe II:Longnose Gar x Alligator Gar

Dan ini yang terakhir, MORPHS dari GAR

The Gold Gar(lepisosteus platyrhincus)

Perkembangbiakan

Perkembangbiakan ikan ini dapat di lakukan di aquarium dan kolam dengan suhu berkisar 25 derajat celius hingga 28 derajat celcius,dengan menggabungkan 2 jantan dan 1 betina.Setelah terjadi pembuahan maka telur akan bersebaran di permukaan air dan akan tenggelam ke dasar air.Ikan ini dapat bertelur hingga 1100 butir.Jika anda binggung cara membedakan jantan dan betina beginilah caranya:
Betina:Ukuran tubuh lebih besar,sirip anal rata
Jantan:Ukuran tubuh lebih kecil,sirip anal tampak berjumbai
Jika Burayak sudah mulai bermunculan beri makan mereka dengan kutu air dan artemia dan sampai ikan-ikan kecil sesuai dengan besarnya mulut burayak anda.

Sumber:
http://kuyahejo.wordpress.com/2010/03/14/jenis-gar-aligator/
http://pirarucumonster.blogspot.com/2010/05/atractosteus-spatula-aka-alligator-gar.html
http://bagasikanhias.blogspot.com/2010/03/merawat-ikan-hias-ikan-alligator_4478.html

2 komentar:

ecko bronk mengatakan...

kalo perbadaannya di mulutnya , kan kalo aligator yg 1 nya mempunyai mulut pendek dan yg 1 nya lagi mempunyai mulut agak panjang ,

kalo antara ke 2 nya cepat besaran yg mana gan ??

Aqew Java Nite miko mengatakan...

@ecko bronk: Di Indonesia, kebanyakan yang ada di pasaran yaitu jenis Florida gar dan Atractosteus spatula. kalo untuk jenis pertumbuhan yang lebih cepat itu jenis Atractosteus spatula. mungkin bisa 10 cm/bulan. tapi tergantung tempat dan pakan juga menurut saya.

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...