Jumat, 15 November 2013

Peneliti Indonesia Diabadikan sebagai Nama Jenis Ikan Baru (Paracheilinus rennyae)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para ilmuwan dari Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Conservation International Indonesia baru saja mendeskripsikan spesies ikan flasherwrasse yang baru.


Ikan tersebut diberi nama Paracheilinus rennyae, sebagai pengakuan atas kontribusi ilmiah ahli ikan Renny Kurnia Hadiaty dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Jawa Barat.


Deskripsi spesies baru tersebut baru saja dipublikasikan dalam edisi akhir tahun jurnal Aqua, International Journal of Ichthyology. Keanegaragaman Hayati Indonesia sendiri beranggotakan kolaborasi para ilmuwan dari Universitas Udayana di Bali, Universitas Negeri Papua di Manokwari, Universitas Diponegoro di Semarang, dan Universitas California di Los Angeles.

"Saya sangat tersanjung dengan penghargaan ini, bukan hanya karena ikan ini adalah spesies ikan yang cantik, tetapi juga karena penulis utama dari deskripsi tersebut adalah rekan dekat saya dan seorang ahli ikan internasional yang terkenal, Gerald Allen," ujar Renny Kurnia Hadiaty melalui keterangan tertulis yang diterima Media Indonesia.

Renny Hadiaty sendiri memiliki karir yang produktif selama 27 tahun di LIPI, yang dalam kurun waktu tersebut berkonsentrasi pada taksonomi ikan air tawar Indonesia.

Ikan wrasse yang sangat cantik yang didedikasikan untuk Renny Hadiaty tersebut hanya dijumpai di terumbu karang  wilayah barat daya Pulau Flores dan Taman Nasional Komodo di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Meskipun ikan tersebut adalah spesies ke-17 yang diketahui dari kelompok ikan flasherwrasse, namun ikan  ini memiliki keunikan dalam hal pola warnanya, terutama bentuk bulat dari sirip punggung, sirip anal, dan ekor.

Spesies baru itu terbukti secara genetik berbeda dengan semua flasherwrasse lain yang diketahui di kawasan segitiga karang. Kerabat terdekatnya adalah paracheilinus angulatus dari Kalimantan Timur, Brunei, Sabah, dan Filipina Selatan. (Soraya Bunga Larasati).

Sumber:
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/14/3/194656/Ilmuwan-Indonesia-Temukan-Spesies-Ikan-Karang-Baru

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...