Selasa, 01 Oktober 2013

Jangan Berharap Dapat Omega 3 Pada Ikan yang Digoreng


TRIBUNNEWS.COM - Ikan salmon dipercaya memiliki zat gizi terutama omega 3 yang cukup berkhasiat. Namun, simpan keinginan itu saat menyantap ikan ini dengan proses digoreng.

"Karena dengan menggoreng berarti anda telah membuang lebib 50% kandungan omega 3"tulis ahli gizi Pramono di grup Gerakan Sadar Gizi.


Menurut Pramono kandungan gizi ini menjadi persoalan saat masih banyak yang belum menyadari bahwa cara memasak sangat menentukan kadar omega 3 yang kita konsumsi.

Ikan digoreng akan kehilangan DHAdan EPA sekitar 50%, Ikan pindang kehilangan 30%, Ikan diasap kehilangan 15-25% dan cara paling baik untuk mempertahankan omega 3 adalah dengan dikukus/di tim contohnya adalah dengan cara di pepes dengan daun pisang.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin ini menyebutkan, peran penting asam lemak omega 3 sudah diketahui dengan jelas. Omega 3 ( DHA & EPA ) sudah sangat terkenal dimasyarakat yakni sebagai bahan penyusun lemak struktural yang membangun 60% bagian otak manusia. Asam lemak ini merupakan zat gizi penting bagi perkembangan bayi, terutama bagi perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan (pembentukan membram retina mata) , peningkatan kekebalan tubuh, penghambatan berbagai jenis kanker,Fosfolida, Air Susu Ibu (ASI), bahan sperma.

Mengonsumsi omega 3 yang cukup dapat mengurangi risiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) yang sering kali dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Penelitian terbaru menunjukkan, diet kaya omega-3 ternyata mampu mengurangi dampak kerusakan otak pascaserangan stroke.

Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil penelitian pada tikus yang dipimpin Profesor Jasna Kriz dan Frederic Calon dari Universitas Laval Kanada. Hasil penelitian lainnya menyebutkan pemberian suplementasi omega-3 diketahui dapat menurunkan kadar trigliserid, meningkatkan HDL (high-density lipoprotein), mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, dan memiliki efek anti-inflamasi.

Melihat peran penting yang luar biasa asam lemak omega 3 maka tidak heran saat ini banyak yang mencari sumber-sumber bahan makanan omega 3 agar memperoleh manfaatnya.

Sumber penting bahan makanan yang mengandung omega 3 adalah Ikan laut, Ikan Salmon berat 3oo gr mengandung 618 mg, Ikan Mackerel berat 300 gr mengandung 594 mg, Ikan Tuna berat 3oo gr 190 mg, Ayam berat 3oo gr 56 mg, Kuning Telur (mentah) 1 butir mengandung 19 mg omega 3 dan Telur omega 3 berat 100 gr mengandung 1030 mg omega 3.



Sumber:
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2013/06/01/jangan-berharap-dapat-omega-3-pada-ikan-yang-digoreng

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...