Minggu, 06 Januari 2013

Subtrat


Substrat adalah media yang digunakan untuk menumbuhkan tanaman atau mudahnya tempat tumbuhnya tanaman. Pada umumnya subtrat yang digunakan adalah Pasir. Namun kelemahan pasir/sand sebagai subtrat adalah tidak adanya kandungan mineral. Maka dari itu ada juga yang menggunakan Soil sebagai subtratnya. Soil adalah subtrat buatan yang telah diperkaya dengan berbagai mineral sehingga harganya jauh lebih mahal. Soil biasanya tersusun dari tanah, clay, abu vulkanik, lempung dan maish banyak lagi. Tapi selain subtrat-subtral tersebut batu dan kayu juga sering digunakan. Hanya saja tidak semua tamanam bisa menggunakan batu dan dkayu sebagai subtratnya. Salah satu jenis tanaman yang menggunkan batu dah kayu sebagai subtratnya adalan Anubias dan moss.

Pasir

Kita tidak dapat menggunakan sembarang pasir sebagai substrat aquascape. Jangan pernah menggunakan pasir laut, karena kandungan garam mineralnya yang ekstrim dapat menyebabkan matinya tanaman air. Gunakanlah pasir yang berasal dari sungai atau perairan air tawar lainnya.
 Pertimbangkanlah ukuran butiran pasir yang digunakan. Bila terlalu kecil seperti pasir bangunan, tentu akan mudah larut dalam air sehingga menimbulkan kekeruhan. Selain itu substrat yang padat akan menyebabkan tidak baiknya perputaran gas di sekitar akar. Sebaliknya, bila butiran pasir terlalu besar, maka akan terkesan sebagai pecahan kerikil. Selain memiliki nilai estetika yang kurang baik, substrat seperti ini juga akan mengakibatkan tanaman air yang ditanam mudah lepas dan mengambang dan pupuk dasar yang diberikan mudah teraduk dan terurai dalam air.
Berikut adalah beberapa jenis pasir yang sering digunakan dalam aquarium air tawar aquascape:

Pasir Malang

Pasir Holland

Pasir Alor

Pasir Scoria

Soil

Soil tidak lain adalah tanah. Tanah yang digunakan dapat dicari dari alam dan dapat juga dibeli dengan merk tertentu yang disediakan khusus untuk aquascaping. Berdasarkan pengalaman dari kami, meskipun soil sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman air, namun soil memiliki usia/jangka waktu pakai. Biasanya setelah suatu jangka waktu tertentu, soil akan menjadi padat dan keras. Berikut ini adalah beberapa soil yang beredar di pasaran.
ADA Amazonia Soil

Nisso Custom Soil Black

Ebikuma Shrimp Soil

Azoo Plant Grower

GEX plant soil

Kayu dan Batu

Untuk substrat kayu dana batu, hanya ada beberapa jenis tanaman yang dapat hidup pada kedua media ini dengan melekatkan akarnya. Tanaman air dari keluarga Anubias dan Microsorium adalah dua keluarga besar tanaman air yang dapat tumbuh pada media ini. Berikut ini adalah gambar Windelov yang diikatkan pada batang kayu.
    •     Akar jati
    •     Kayu santiki
    •     Kayu api
    •     Kayu bakau
    •     Dirftwood, kayu yang terbawa hanyut oleh sungai atau ombak.

Baked Clay

Petrified Wood/ Batu Fosil

Serpentinite Stone


Seiryu Stone

Lava Rock

Sumber:
http://king-aquascape.blogspot.com/2011/11/pasir-dan-substrat-aquarium-air-tawar.html
http://indoaquascape.blogspot.com/2011/04/batu-aquascape.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...