Jumat, 14 Desember 2012

Aubias


Anubias adalahtumbuhan air dan semi-akuatik. Tumbuhan tropis ini banyak tumbuh di sungai dann di rawa-rawa. Anubias dicirikan oleh daun yang luas, tebal, daun gelap dan memiliki daun dengan berbagai bentuk.
Anubias biasanya ditanam pada batu dan druftwood atau ditanam di pasir (dengan catatan rhizome/batang nya tidak ikut terkubur). Tapi saran gw jangan terlalu banyak menanam anubias (menerut gw malah jadi kurang indah) cukup beberapa saja tergantung ukuran aquarium. Kecuali untuk jenis anubias yang berukuran kecil seperti Anubias Nana Petite (dapat ditanam seperti moss). Berbeda dengan kebanyakan tanaman, Anubias umumnya tidak memerlukan cahaya yang terang (bahkan cenderung gelap) dan juga dapat menghasilkan bunga.

Anubias dianggap tanaman yang paling mudah untuk rawat, karena kebutuhan cahaya dan  nutrisi yang sangat rendah dan ikan herbivora pun tidak doyan (dengan beberapa pengecualian).

Harganya sekitar 20-150 ribu rupiah.

Tingkat pertumbuhan alami dari semua spesies anubias lambat. Biasanya, mereka menghasilkan daun setiap 3 minggu, atau bahkan lebih lambat.

Pengembangan dapat dilakukan dengan membagi stolon (bahasa kita "umbi")atau dari tunas samping. Stolon harus selalu berada di atas substrat untuk bertahan hidup, atau akan membusuk dan mati. atau bisa juga dari bijinya namun memerlukan waktu yang lebih lama.

Jenis-jenis Anubias

Anubias barteri var. nana
Anubias Afzelii
Anubias barteri ''coffeefolia''

Anubias barteri var. barteri
Anubias Nana Mini
 Anubias Nana Petite

Sumber:
http://hiruyazack.blogspot.com/2012/05/habitat-asli-anubias.html
http://aquajaya.com/aquascape/anubias

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...