Jumat, 14 Desember 2012

Moss

Moss adalah salah satu jenis tanaman air yang hidup dengan merambat pada kayu atau batu sebagai substratnya. Ini adalah salah satu jenis tanaman favorit gw, karena perawatannya yang mudah, fleksibel (dapat ditemparkan di semua tempat dalam aquascape) dan kuat alias ga mudah mati. Yang perlu diperhatikan (pada saat pertamakali penanaman) adalah ikan penghuni aquascape, perlu dihindari ikan bertipe bottom feeder karena akan mengganggu alias mengacak-acak tanaman ini (karena ukurannya yang mungil).
Tapi sayangnya bentuknya yang cantik tidak lah secantik harganya, harga tumbuhan ini berkisar 50-100 ribu rupiah per cup.

Jenis-Jenis Moss


Cara Menanam Moss

Moss hanya perlu diikat dengan benang (pada drftwood) atau dibungkus dengan har net (pada batu), dan biarkan hingga melekat pada kayu atau batu. Proses melakatnya moss pada substrat mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan. Setelah melekat pada substrat benang atau hairnet dapat dilepas.

Perawatan

Pencahayaan

Bagian terpenting adalah pencahayaan. Moss dapat tumbuh tegantung dari tingkat pencahayaan yang diberikan. Jika tingkat pencahayaannya tepat untuk aquarium, maka moss akan tumbuh dengan subur. Sekedar contoh. Untuk tank berukuran 30 cm, saya menggunakan cahaya lampu 11W. Aturan umumnya, semakin tinggi tingkat cahaya, maka semakin cepat moss tumbuh, karena cahaya diperlukan untuk proses fotosintesis.

Pupuk

Dengan atau tanpa pupuk/fertilier, moss akan tetap tumbuh.

CO2

Dengan atau tanpa CO2, moss akan tetap tumbuh.


Suhu air

Umumnya, kebanyakan moss tumbuh dengan baik di suhu yang lebih sejuk (kira-kira kurang dari 28 derajat celcius). Tapi untuk Java Moss, masih akan tetap tumbuh bahkan pada temperatur lebih dari 30 derajat celcius.

Aquascaping

Keindahan dari moss paling baik ditampilkan bila ditempelkan pada sesuatu, seperti batu, driftwood, atau bisa juga menjadi background aquarium. Meski begitu, moss akan tetap tumbuh walaupun hanya dibuang begitu saja ke aquarium, tapi tidak ada nilai keindahannya. Perhatikan gambar di bawah ini. Gambar kiri adalah hasil bila moss dibiarkan tumbuh begitu saja tanpa ditempelkan/diikat ke suatu media. Gambar sebelah kanan adalah hasil bila moss diikat ke suatu media seperti kayu/batu.

Sumber:
http://myownaquascape.blogspot.com/2012/04/cara-menanam-dan-menumbuhkan-moss.html
http://aquajaya.com/category/produk-aquascape/tanaman-hias-aquascape/moss
http://pondokair.com/jenis-moss.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...