Sabtu, 01 Desember 2012

Sashimi



Sashimi adalah makanan Jepang berupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.


Makanan laut segar seperti ikan, kerang, dan udang karang dihidangkan dalam bentuk irisan kecil yang mudah dimakan, sedang udang berukuran kecil ada yang hanya dikupas kulit dan dibuang kepalanya saja.

Tsuma adalah sebutan untuk bahan makanan penyerta yang bisa berupa lobak yang dipotong panjang-panjang dengan ukuran sangat halus, daun berwarna hijau yang disebut Oba (Aojizo), atau rumput laut seperti Wakame dan Tosakanori.

Sashimi juga berarti menikmati sesuatu dalam keadaan mentah, mulai dari potongan mentah daging Kuda (Basashi), daging ayam (Torisashi), hati ayam atau hati sapi, sampai pada potongan Konnyaku dan kembang tahu yang disebut Yuba.

Di daerah Kansai, sashimi lebih dikenal dengan sebutan O-tsukuri.

Cara Membuat

BAHAN:

300 gr fillet ikan tuna
1/2 buah lobak, kupas, iris tipis
2 sendok makan manisan jahe merah
1 sendok teh pasta wasabi
2 buah jeruk lemon, peras airnya

CARA MEMBUAT:

> Campur pasta wasabi dan air jeruk lemon, aduk hingga rata.
> Potong-potong ikan tuna. Siapkan piring saji, susun ikan tuna, irisan lobak dan manisan jahe.
> Sajikan dengan sausnya.

Sebenarnya ga cuma tuna saja yang bisa di buat menjadi sashimi, masih banyak lagi bahan-bahan yang bisa digunakan yang kebanyakan memang berasal dari laut seperti udang, gurita, cumi-cumi, ikan kembung, ikan salmon (ini yang paling banyak diminati masyarakat Jepang), dan ikan yang lainnya. Tapi denger-denger ada juga lohh sashimi yang menggunakan daging sapi

Sumber:
http://wildanidann.blogspot.com/2011/11/cara-membuat-sashimi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sashimi

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...