Selasa, 08 Januari 2013

Ikan Tuna Pemecah rekor Baru (Rp. 17 Miliar)



WowKeren.com - Seekor ikan tuna sirip biru baru saja memecahkan rekor sebagai ikan termahal sejagat. Melalui pelelangan yang digelar di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang, tuna tersebut laku terjual dengan harga 155 juta yen atau sekitar Rp 17 miliar. Angka ini pun tercatat tiga kali lipat dari rekor sebelumnya pada tahun lalu.

Pemenang dari lelang ikan ini adalah pemilik jaringan restoran Sushi-Zanmai. Kiyoshi Kimura juga menjadi pemecah rekor pembelian ikan tuna termahal tahun lalu. Ia membeli tuna sirip biru juga pada 2012 lalu dengan harga Rp 6,2 miliar.

Lihat Foto-Foto Ikan Tuna Seharga Rp. 6,7 M, Klik di sini.

Tuna dengan berat 222 kg ini ditangkap di kawasan perairan timur laut Jepang, Kota Oma. Kiyoshi mengatakan harga ikan tuna ini "sedikit lebih mahal" namun ia membelinya untuk memberikan "semangat" pada Jepang. Ia berencana menjual sushi berlapis daging ikan ini seharga Rp 43 ribu per porsinya, jauh lebih murah dari hasil pelelangan.

Berdasarkan harga pasaran, ikan tuna dapat dijual Rp 77,3 juta per kg. Dengan perhitungan itu seharusnya satu porsi sushi mencapai harga Rp 3,3 juta. Tuna sirip biru memang biasanya menjadi "primadona" di pasar ikan Tsukiji yang menjadi salah satu tujuan wisata di Jepang ini.

Namun harga selangit itu tidak menggambarkan kualitas atau ukuran ikan dan lebih dikaitkan dengan publisitas bisnis ikan pada tahun ini. Para pecinta lingkungan pun mengkritik pelelangan ini karena mendorong penangkapan berlebihan. Warga Jepang memang mengkonsumsi lebih dari setengah persediaan tuna sirip biru di dunia.

Sumber:
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00030043.html#ixzz2HOVQxeRN

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...