Rabu, 09 Januari 2013

Snakehead, Gabus Hias


Ikan gabus adalah sejenis ikan buas/ predator yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di berbagai daerah: aruan, haruan , kocolan, bogo, bayong,licingan, kutuk, kabos dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan snakehead, karena memiliki kepala mirip ular. Ikan gabus biasa didapati di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah. Ikan ini memangsa aneka ikan kecil-kecil, serangga, dan berbagai hewan air lain termasuk berudu dan kodok. Selain di konsumsi, ikan ini juga banyak dipelihara di aquarium/ kolam oleh para hobiis ikan.
Gabus dan kerabatnya termasuk hewan Dunia Lama, yakni dari Asia (genus Channa) dan Afrika (genus Parachanna). Seluruhnya kurang lebih terdapat 30 spesies dari kedua genus tersebut.

Memelihara Snakehead

  1. Agar PH air tetap tetap rendah, didalam tangki ikan ini sebaiknya dipasang dengan drift wood. Memelihara Snakehead didalam aquascape juga bagus, karena PH air tetap rendah karena dipengaruhi tanaman airnya.
  2. Jangan terlalu sering menguras tangki anda, ikan ini sangat rentan terhadap pergantian air yang tiba-tiba. Apabila dikuras, pastikan paling banyak air yang diganti hanya 30% saja atau 1/3 air tangki anda. Itu pun paling sering hanyalah 3 minggu sekali.
  3. Filtrasi pada tangki harus baik dan benar-benar bersih. Jika material penyaring pada alat filtrasi anda sudah kotor, sebaiknya langsung dibersihkan atau diganti.
  4. Apabila anda mendapati ikan anda terdapat penyakit atau jamur, segera obati dengan obat yang kini telah banyak tersedia di toko ikan hias.
  5. Ikan ini tidak tahan suhu yang terlalu dingin. Biasanya akibat suhu dingin yang tidak dapat ditolerir ikan ini, maka akan menyebabkan jamur White Spot.

Jenis-jenis ikan gabus (snakehead) :

Channa amphibeus
Channa argus argus
Channa argus warpachowski
Channa asiatica
Channa aurantimaculata
Channa bankanensis
Channa baramensis
Channa barca
Channa bleheri
Channa burmanica
Channa cyanospilos
Channa diplogramma
Channa gachua
Channa harcourtbutleri
Channa lucius
Channa maculata
Channa marulioides
Channa marulius
Channa melanopterus
Channa melasoma
Channa micropeltes
Channa nox
Channa orientalis
Channa ornatipinnis
Channa panaw
Channa pleurophthalma
Channa pulchra
Channa punctata
Channa stewartii
Channa striata
Parachanna africana
Parachanna insignis
Parachanna obscura

Selain itu ada jenis snakehead/ gabus albino :

Sumber:
http://iwak-komputer.blogspot.com/2011/10/jenis-jenis-snakehead-ikan-gabus-kutuk.html
http://melanoptera.blogspot.com/2011/08/about-channa-pleurophthalma-blue.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...