Senin, 17 Desember 2012

Mas Koki, Si Gendut yang Sexy


Ikan maskoki yang memiliki nama latin Carrasius auratus pada awalnya dibudidayakan oleh masyarakat Cina pada tahun 960-1729. Awalnya bentuk maskoki sama seperti ikan mas, karena memang jenis ikan ini berasal dari satu kerabat. Bedanya maskoki tidak memiliki sepasang sungut di mulutnya. Kemudian pada masa dinasti Ming (1368-1644) popularitas maskoki mulai menanjak, dari sinilah bermunculan maskoki dengan bentuk tubuh yang bervariasi dan unik.

Perkembangan maskoki kemudian merambah hingga negeri Jepang. Di Jepang maskoki ini terus mengalami perkembangan pesat hingga dihasilkan jenis-jenis baru dengan bentuk yang lebih varatif seperti saat ini. Maskoki jenis baru ini merupakan hasil perkawinan silang yang terus-menerus dilakukan sampai didapat ikan maskoki yang unik.

Ikan yang dihasilkan antara lain berbentuk bulat, pendek, benjol-benjol, bersirip panjang, dan pada jenis tertentu ekornya menjuntai mirip selendang. Jenis inilah yang disebut sebagai carrasius auratus yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan maskoki. Dari negeri Jepang, ikan koki mulai menyebar ke penjuru dunia termasuk Indonesia.


Sebagai ikan hias, ikan mas koki berkualitas baik harus dipelihara dalam lingkungan yang baik dan makanan yang mengandung nutrisi cukup.

Nutrisi makanan baik akan mendukung warna, kesehatan dan kualitas anakan yang baik. Dengan perawatan baik dan serius beberapa pehobi mampu mendulang 'emas' dari usaha ikan mas koki.

Tak hanya itu, kita juga harus mengetahui cara perawatan ikan mas koki yang baik dan benar. Selain harus memperhatikan ukuran dan tingkat kepadatan akuarium, volume dan mutu air, anda juga tidak bisa mengabaikan suhu, tingkat keasaman dan kandungan lumut dalam akuarium, serta penempatan akuarium dan penyinaran akuarium.

Agar kondisi ikan mas koki sehat dan terjaga. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Suhu

Ikan mas koki adalah makhluk air yang suhu tubuhnya bisa berubah-ubah, menyesuaikan dengan lingkungan tempat tinggalnya (poikilotermik) atau biasa disebut dengan makhluk berdarah dingin, sama seperti hewan reptilia. Meskipun demikian ikan mas koki tidak dapat hidup dengan sehat pada suhu air yang berubah-ubah secara drastis.

Tingkat keasaman di dalam akuarium

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan para pembiak ikan mas koki, tingkat keasaman yang dibutuhkan oleh ikan mas koki adalah pH normal, dan biasanya pH normal tersebut dilambangkan dengan pH 7.

Penempatan dan penyinaran akuarium

Penempatan akuarium di rumah tidak bisa di sembarang tempat. Ada ketentuan yang harus dipatuhi agar fungsi dan keindahan akuarium tetap terjaga dan juga mudah dalam perawatannya. Akuarium pada umumnya ditaruh dalam ruang keluarga, ruang santai, dan ruang tamu yang memiliki cahaya yang cukup.

PERHATIAN!!!

Ikan maskoki memiliki karakter yang khas yaitu sangat rentan terhadap kadar ammonia terlarut didalam air. Hal inilah yg seringkali membuat persepsi di kalangan penggemar ikan hias bahwa memelihara ikan maskoki tersebut susah, gampang mati.

Untuk mengatasi masalah kadara ammonia tersebut, hal yang dapat dilakukan ada 2, yaitu menetralisirnya, atau mengganti airnya . Menetralisir kadar ammonia bias dilakukan dengan menggunakan biofiltrasi atau dengan menumbuhkan lumut air, yg akan menyerap zat2 yg dapat meracuni ikan tersebut.

Beberapa teknik yang digunakan oleh hobbyist, dan terbukti berjalan dengan baik

adalah sbb:

1. Biofiltrasi :

Teknik2 biofiltrasi yg baik berasal dari penggemar2 ikan koi. Kunci dari teknik ini adalah penggunaan media filtrasinya. Salah satu media terbaik adalah menggunakan matt sintetis buatan Jepang, yg saat ini banyak dijumpai di toko2 ikan hias. Media ini akan melakukan penyaringan kotoran2 ikan dan memperangkapnya, yang kemudian akan menstimulasi pertumbuhan bakteri2 nitrobacter di dalamnya. Aerasi yang dijalankan harus cukup banyak dan saat biofilter tersebut telah ter-cycled, maka environment akuarium/ kolam ikan tersebut sudah menjadi stabil. Untuk hobiis yg malas menguras air ikan, metode ini tentunya sangat cocok, karena tidak memerlukan pengurasan air sama sekali. Namun demikian kelemahan yg ada adalah bahwa dengan air tidak pernah diganti, menyebabkan zat2/ mineral2 yg diperlukan ikan, yg bisa didapatkan dari air baru, tidak tersedia, sehingga dapat menyebabkan warna ikan menjadi kurang cerah, dsb. Teknik ini bisa diimbangi dengan penggantian air parsial secara rutin.

2. Air Hijau/ greenwater method :

Teknik ini adalah teknik yg umumnya dipakai di farm2 ikan maskoki dimanapun. Ini adalah metode yg paling primitif, yaitu membiarkan ikan didalam kolam sampai dengan airnya hijau (krn pertumbuhan lumut). Perlu diperhatikan bahwa lumut yg tumbuh adalah lumut air, bukan lumut dinding kolam. Biasanya di farm, setelah air menjadi hijau, maka air akan diganti total dengan air baru. Metode ini dapat dikembangkan dengan berusaha untuk secara konsisiten menjaga tingkat ke-hijau-an air, dengan cara pada saat air hendak diganti, disimpan 1 ember air lama untuk nantinya dicampurkan dengan air baru. Dengan demikian diharapkan pertumbuhan lumut dapat terjadi lagi segera setelah kolam baru dikuras. Keuntungan lain dari metode ini adalah dengan memaintain air hijau tadi, maka warna ikan menjadi lebih cerah, yg disebabkan karena ikan memakan lumut yg berada di air tersebut. Metode ini sangat baik untuk kesehatan ikan, namun tidak favorit di kalangan penggemar, karena dengan air hijau tersebut, ikan maskoki yg berada didalamnya tidak dapat dilihat.

3. Mekanikal filtering :

Mekanikal filtering adalah menyaring kotoran2 padat yg ada di kolam/ akuarium, sehingga air selalu terlihat jernih. Metode ini tidak menyaring kotoran2 terlarut didalam air, sehingga banyak hobiis terjebak dengan melihat air jernih, tetapi kadar ammonia tinggi, yang dapat menyebabkan ikan sakit/ mati. Mechanical filtering ini harus dibarengi dengan penggantian air secara rutiin, bisa dengan penggantian 2 persen setiap hari dan dibarengi dengan pencucian media filter.

4. Ganti air :

Karena kadar ammonia di air disebabkan oleh kotoran ikan, maka teknik yg bisa dipakai adalah membuang kotoran ikan tersebut dengan di-siphon, serta dilakukan penggantian air secara rutin. Salah satu hobiis di Jakarta menggunakan teknik ini , yaitu melakukan siphon & penggantian air 80% sebanyak 2 kali sehari. Teknik ini berjalan dengan baik sekali dan pertumbuhan ikan didalamnya relatif lebih baik dari metode2 yg dipakai oleh hobiis yg lain.

Jenis-Jenis Mas Koki

1.Bubble Eye/Suihogan Goldfish:


Spesies ikan mas koki unik yang berasal dari Cina ini punya mata yang menunjuk ke atas dan 2 kantung besar berisi cairan,IKan ini juga tidak punya sirip di punggungnya,ikan mas ini bisa tumbuh 6 -8 inchi.

2.Ranchu Goldfish:

Ikan mas koki dengan tampilan yang tidak biasa ini disebut sebagai "raja ikan mas" oleh orang Jepang. Ranchu adalah hasil dari percobaan perkimpoian silang yang berbeda dari Lionhead Cina.IKan ini ga punya sirip atas,dan punya banyak warna seperti orange, red, white, red-and-white, blue, black, black-and-white, black-and-red,Ikan dengan badan kuning pucat dan kepala merah sangat jarang dan langka.

3.Butterfly tail/Jikin Goldfish:

Indah dan menggemaskan tetapi langka,Jikin diyakini dari Jepang. Ciri yang paling menonjol adalah ekor yang memiliki bentuk X.ekor kupu kupunya memiliki panjang khas, berbentuk cerutu atau torpedo. Tubuh yang putih dengan bibir,sirip dan insang merah.dapat tumbuh sampai 9 inci. Nama lainnya adalah ekor Merak dan Rokuri.

 4.Telescope Eye/Demekin Goldfish:

Spesies ini punya mata yang esar dan unik,Variasi ini berwarna merah, merah-putih,belacu, hitam-putih, coklat, biru, lavender, cokelat-dan-biru dan warna hitam. Mereka mungkin juga kadang punya sisik metalik.Walau matanya besar,penglihatannya buruk dan lebih baik tidak dicampur 1 akuarium dengan jenis lain yang lincah dan ditempatkan di akurium tanpa benda lanci.

 5.Oranda Goldfish:

Oranda, ikan mas koki unik dari Cina dan Jepang, dicirikan oleh tudung seperti raspberry dikepalanya.  Ikan mas koki ini sangat terkenal di seluruh dunia,dan punya badan bear dengan 4 ekor panjan.

6.Celestial Eye/Choten gan Goldfish

Salah satu ikan mas koki aneh yang berasal dari Cina dan Korea.Mata ikan mas ini seperti mata ikan mas teleskop,tapi mengarah keatas Tubuh ikan ini berbentuk seperti torpedo,dan tak punya sirip atas

7.Lionchu/Lionhead Goldfish:

Ikan mas koki Unik ini adalah ikan mas yang tidak memiliki sirip atas dari Thailand dan hasil dari perkimpoian silang antara lionheads dan ranchus. Memiliki tubuh yang besar, lebar dan melengkung ke belakang dan kepala yang besar.

8.Ryukin Golfish:

IKan mas koki berwarna cerah dan menarik dari Jepang ini punya sirip yang besarnya 2 kali panjang tubuhnya,moncongnya juga lancip dan punggungnya bungkuk. Ryukin punya warna seperti merah marun, merah-putih, putih, metalik dan warna belacu.di akuarium yang bagus perawatannya ikan ini dapat mencapai hingga 8 inci atau 21 cm. Nama julukan lainnya adalah Ribbontail Jepang,Fringetail,Fantail atau Veiltail

 9.Calico/Nacreous Goldfish:

Ikan mas koki bernama Calico atau Nacreous ini punya percampuran sisik warna metalik dan transparan yang menimbulkan kesan mutiara. Calico bisa tumbuh sampai 12 inchi.Coraknya terdiri dari bercak-bercak merah, kuning, abu-abu dan hitam bersama bercak gelap dan biru.

10.PomPom/Hanafusa Goldfish:

Hanafusa punya daging yang tumbuh seperti pom pom di sekitar hidungnya,badannya seperti lionhead,tapi yang tumbuh adalah hidungnya,kadang malah ada daging yang tumbuh sampai melewati bawah rahangnya.

 11.Chinsurin/Pearlscale Goldfish:

Ikan mas yang satu ini punysa sisik berbintik bintik dan berwarna mutiara,  berasal dari Jepang dan dipanggil Chinsurin

 12. Common goldfish

Ikan mas biasa hanya berbeda dalam warna dari nenek moyang mereka, ikan mas Prusia. Ikan mas biasa datang dalam berbagai warna termasuk merah, oranye / emas, ikan mas putih, hitam dan kuning atau '

 13. Black Moor:

The Black moor adalah berbagai teleskop bermata ikan mas yang mewah yang memiliki karakteristik menonjol sepasang mata. Hal ini juga disebut sebagai Popeye, teleskop, kuro demekin di Jepang dan naga-mata di Cina.

14. Comet (goldfish):

Ikan mas komet atau komet-tailed adalah berbagai mewah yang paling umum di Amerika Serikat. Hal ini mirip dengan ikan mas biasa, kecuali sedikit lebih kecil dan lebih ramping, dan terutama dibedakan oleh panjang ekornya, sangat cagak.

15. Fantail (goldfish):

Ikan mas Fantail adalah bentuk barat Ryukin dan memiliki tubuh berbentuk telur, sirip punggung tinggi, sirip ekor panjang empat kali lipat, dan tidak ada bonggol bahu.

 16. Shubunkin:

Fancy dan Shubunkins Jepang hardy ("brokat merah") memiliki ekor tunggal dengan skala nacreous, dan pola yang dikenal sebagai belacu.

 17. Panda Moor:

Tegalan panda mewah memiliki pola warna hitam-putih karakteristik dan mata menonjol.

 18. Veiltail:

The veiltail fancy dikenal yang ekstra panjang, mengalir ekor ganda. Veiltail standar modern memerlukan lekukan sedikit atau tanpa tepi trailing dari sirip ekor, seperti dalam pernikahan jilbab untuk pengantin.

Budidaya Mas Koki

Pemilihan induk


  • Induk yang baik untuk dipijahkan sudah berumur + 8 bulan, dengan ukuran minimum sebesar telur itik.
  • Pilih induk yang berkepala kecil dengan tubuh bulat, sisik utuh dan tersusun rapih. Jika ikan sedang bergerak, ekor dan sirip akan kelihatan tegak.
  • Untuk mendapatkan keturunan yang berwarna, maka calon induk yang akan dipijahkan berwarna polos. Gunakan induk jantan berwarna putih dan betina berwarna hitam atau hijau lumut atau sebaliknya.

Perbedaan jantan dan betina


  • INDUK JANTAN: Pada sirip dada terdapat bintik-bintik bulat menonjol dan jika diraba terasa kasar. Induk yang telah matang jika diurut pelan kerarah lubang genital akan keluar cairan berwarna putih
  • INDUK BETINA: Pada sirip dada terdapat bintik-bintik dan terasa halus jika diraba. Jika diurut, keluar cairan kuning bening. Pada induk yang telah matang, perut terasa lembek dan lubang genital kemerah-merahan.

Cara pemijahan


  • Bak/aquarium yang telah bersih diisi dengan air yang telah diendapkan + 24 jam, kemudian letakkan eceng gondok untuk melekatkan telurnya.
  • Pilihlah induk yang telah matang telur, masukkan kedalam bak pada sore hari. Bila pemilihan induk dilakukan dengan cermat, biasanya keesokan harinya telur sudah menempel pada akar eceng gondok.
  • Karena telur tidak perlu dierami, induk dapat segera dipindahkan ke kolam penampungan induk, untuk menunggu sampai saat pemijahan
  • berikutnya. Jika perawatannya baik, maka 3 ~ 4 minggu kemudian induk sudah dapat dipijahkan kembali.

PEMELIHARAAN BENIH


  • Setelah 2 ~ 3 hari telur akan menetas, sampai berumur 2 ~ 3 hari benih belum diberi makan, karena masih mempunyai persediaan makanan pada yolk sac-nya (kuning telur).
  • Pada hari ke 3 ~ 4 benih sudah dapat diberi makanan kutu air yang telah disaring.
  • Setelah berumur + 15 hari benih mulai dicoba diberi cacing rambut disamping masih diberi kutu air, sampai benih keseluruhannya mampu memakan cacing rambut baru pemberian kutu air dihentikan.
  • Untuk telur yang ditetaskan di aquarium maka sebainya setelah benih berumur + 1 minggu dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas.
  • Ketinggian air dalam bak 10 ~ 15 cm dengan pergantian air 5 ~ 7 hari sekali. Setiap pergantian air gunakan air yang telah diendapkan lebih dahulu.
  • Untuk menghindari sinar matahari yang terlalu terik diperlukan beberapa tanaman pelindung berupa eceng gondok.

PEMBESARAN

  • Pembesaran ikan dilakukan setelah benih berumur lebih dari 1 bulan sampai induk.
  • Jenis koki mutiara ini memerlukan banyak sinar matahari, untuk itu tanaman eceng gondok dapat dikurangi atau dihilangi.
  • Untuk tahap pertama pembesaran dapat ditebar + 1.000 ekor ikan dalam bak berukuran 1,5 x 2 m. Kemudian penjarangan dapat dilakukan setiap 2 minggu dengan dibagi 2.
  • Pergantian air dapat dilakukan 3 ~ 5 hari sekali, juga dengan air yang telah diendapkan.
  • Makanan yang diberikan berupa cacing rambut. Makanan diberikan pada pagi hari secara adlibitum (secukupnya). Jika pada sore hari makanan masih tersisa, segera diangkat/dibersihkan.
  • Setelah berumur 4 bulan ikan sudah merupakan calon induk. Untuk itu jantan dan betina segera dipisahkan sampai berumur 8 bulan yang telah siap dipijahkan. Untuk induk ikan sebaiknya makanan yang diberikan yaitu berupa jentik nyamuk (cuk).
  • Sepasang induk dapat menghasilkan telur 2.000 s/d 3.000 butir untuk sekali pemijahan.

Fakta Unik tentang Ikan Mas Koki:

* Percernaan ikan mas koki sangat sederhana,dan sangat susah mencerna protein
* Ikan mas koki bisa mengubah warna tubuhnya,sesuai dengan tempat dimana mereka disimpan atau dipelihara
* Ikan mas koki memproduksi pigmen jika terkena cahaya.Jika ikan Mas ditaruh di tempat gelap,dia akan telihat lebih cerah pada pagi harinya,dan jika terus menerus ditaruh di tempat gelap,maka ikan mas akan kehilangan warnanya.
* Ikan mas koki bisa tumbuh maximal sampai panjang 58.42cm dan berat 4.5 kg
* Ikan mas koki terpanjang yang pernah diukur sepanjang 47.7 cm,dari moncong sampai ekor,di Belanda
* Ikan mas koki bisa hidup sampai 20 tahun,tapi ikan mas peliharaan cuma hidup 6 sampai 8 tahun (gaya hidup ga sehat ya?)
* Ikan mas koki tertua yang pernah dicatat berumur 49 tahun
* Ikan mas koki bisa hidup di kolam yang permukaannya membeku,selama masih ada cukup oxygen dan airnya tak mengeras sepenuhnya
* Di Italy ada hukum yang melarang penggunaan ikan mas koki sebagai hadiah carnaval
* Di Roma dilarang memelihara ikan mas koki di toples,karena menurut mereka sangat kejam mengurung ikan di tempat sempit seperti itu

Sumber:
http://budidayanews.blogspot.com/2011/02/jenis-jenis-ikan-mas-koki.html
http://budidayanews.blogspot.com/2011/02/budidaya-ikan-mas-koki-mutiara-dan-cara.html
http://maskoki.comze.com/sejarah.html
http://hobby.ghiboo.com/tips-merawat-ikan-mas-koki-di-aquarium
http://www.indoforum.org/showthread.php?t=15505


5 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice Info gan !

Zsazsa Ayu Novita mengatakan...

i love ikan mas koki, black-white

Winenlose Winenlose mengatakan...

Agen Judi Terpercaya Agen Judi
Agen Sbobet WinEnLose WinEnLose Bandar Bola
WinEnLose AsiaPoker77 WinEnLose
Produk Asia8
WinEnLose Produk 1sCasino WinEnLose Produk 338a WinEnLose Produk IBCBET
WinEnLose Produk SBOBET Prediksi Bola WinEnLose WinEnLose Agen Bola Panduan Bermain WinEnLose

Aloy Miak mengatakan...

Agen Judi Online Terpercaya
Agen Judi Online
Agen Sbobet 988Bet Trade In 988Bet Produk Asia77
988Bet Produk AsiaPoker77 988Bet Produk Asia8 988Bet Produk 1sCasino 988Bet Produk 338a 988Bet Produk IBCBET
988Bet Produk SBOBET Prediksi Bola 988Bet Tebak Bola 988 Panduan Bermain 988

Valena Michelle mengatakan...

Agen Judi
Bandar Judi Online
Agen SBOBET
Agen IBCBET
Agen Casino
Poker Online
Agen Judi Terpercaya
Prediksi Bola
Agen Bola
Bola Judi
Bandar Judi
Judi Bola
Judi Bola
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-west-brom-vs-everton-29-september-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-lokomotiv-moskow-vs-skenderbeu-korce-2-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-besiktas-vs-sporting-lisbon-2-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-shakhtar-donetsk-vs-paris-saint-germain-1-oktober-2015/
http://167.114.12.140/~perapatan/prediksi-skor-astana-vs-galatasaray-30-september-2015/

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...