Minggu, 16 Desember 2012

Kaviar


Semua tentunya sudah tahu Kaviar adalah salah satu makanan termahal di dunia. Kaviar adalah makanan yang berasal dari telur ikan tertentu yang sudah diproses dan digarami.

Kaviar adalah makanan khas Rusia yang sering disajikan di pesta kelas atas. Selain di Rusia kaviar juga diproduksi di Iran, Kazakhtan dan negara-negara di daerah kaspia sana.

Ada beberapa jenis Kaviar,  tapi yang termahal adalah Kaviar Beluga. Konon harganya mencapai sekitar  45 juta - 112 juta rupiah per kilogramnya. Berasal dari ikan beluga sturgeon yang hidup di wilayah Laut Kaspia yang meliputi Kazakhtan, Azerbaijan, Iran dan Rusia.
Telur ini ternyata dipanen dari seekor ikan betina besar berdaging putih yang dikenal dengan ikan sturgeon. Telur-telur tersebut dipanen dari ovarium, melewati proses penyaringan yang halus sehingga telur tersebut terpisah dari cairan, lemak, dan membran. Proses yang panjang inilah yang membuat telur ikan ini mahal harganya.
Memakan waktu sampai 20 tahun agar seekor ikan Beluga Sturgeon mencapai ukuran maksimum dan beratnya bisa mencapai 2 ton. Selain rentang waktu yang lama itu, menangkap ikan ini juga tak mudah. Telur ikan ini adalah yang terbesar yang digunakan untuk bahan kaviar.

Kaviar Beluga biasanya berwarna ungu sampai hitam, yang lebih pucat harganya lebih mahal. Kaviar Beluga biasanya disajikan tanpa ditambah bumbu, karena sudah tidak perlu menambahkan rasa lagi. Ketika digigit tiap telur pecah dan mengeluarkan rasa sedikit asin-amis.

Sturgeon dapat ditemukan di air tawar dan laut, tergantung pada spesiesnya, dan biasanya hidup di bumi bagian utara. Daging ikan sturgeon juga dijual, biasanya dikemas dalam kaleng atau dibekukan. Namun sebagian besar harga ikan sturgeon berasal dari telur yang dihasilkan.

Kaviar dikelompokkan berdasarkan kualitas kandungan garamnya. Ada istilah 'malassol'. Istilah tersebut digunakan untuk kaviar yang berkualitas tinggi, kandungan garamnya kurang dari 5%. sedangkan istilah 'payusnaya' digunakan untuk kaviar yang memiliki kandungan garam 10%.

Cara yang sederhana untuk menghidangkan kaviar adalah dengan crackers,bread toast beroles mentega, dan jus lemon. Bila kaviar disimpan dalam kulkas, saat ingin digunakan, biarkan beberapa saat agar suhu dinginnya hilang.

Yang paling penting saat menghidangkan kaviar, jangan menyajikan dalam peralatan makan yang terbuat dari stainless steel atau perak, karena akan merubah rasa kaviar. Lebih baik menggunakan peralatan makan yang terbuat dari kayu, kaca, atau plastik. Kaviar bisa dinikmati di resto berbintang karena harganya relatif mahal.

Jenis-Jenis Kaviar lainnya:

KAVIAR OSSETRA

Kaviar ini mirip dengan kaviar beluga. berasal dari Ossetra sturgeon. Kaviar ini termasuk kaviar elit harganya mirip-mirip sama beluga. Bedanya ada di tekstur dan ukuran telur ikan. Ukurannya lebih kecil dan teksturnya lebih halus, warnanya juga lebih kecoklatan. Konon katanya punya ribuan citarasa ( masih konon katanya ).

KAVIAR SEVRUGA

Masih sama dari ikan sturgeon tepatnya sevruga sturgeon. Ukurannya paling kecil dari kaviar lain. Kisaran harganya pun sama.

KAVIAR SALMON

Karena ikan sturgeon sudah mulai langka dan dilindungi maka ada juga kaviar yang dibuat dari telur ikan salmon. Pernah liat kaviar berwarna orange yang banyak terdapat di restoran-restoran sushi? Itu dia yang namanya Kaviar Salmon!

Sumber:
http://food.ghiboo.com/kaviar-beluga-termahal-di-dunia
http://forum.detik.com/kaviar-makanan-para-borjuis-t288797.html?s=f19b07aeedf6472c23fb8802f7baec1b&
http://food.detik.com/read/2012/07/27/093321/1976272/297/mengapa-kaviar-harganya-mahal

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...