Minggu, 16 Desember 2012

Manfaat Menkomsumsi Ikan



Kandungan Ikan kaya akan manfaat karena merupakan sumber protein bagi tubuh. Selain itu ternyata ikan juga mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar dan manfaatnya antara lain :
  • Omega 3, untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi.
  • Mengandung serat protein yang pendek sehingga mudah di cerna
  • Kaya akan asam amino seperti taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak balita.
  • Vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak
  • Vitamin D dalam daging dan minyak hati ikan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang
  • Vitamin B6 untuk membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  • Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf
  • Zat besi yang mudah di serap oleh tubuh
  • Yodium untuk mencegah terjadinya penyakit gondok dan hambatan pertumbuhan anak
  • Selenium untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas
  • Seng yang membantu kerja enzim dan hormon
  • Fluor yang berperan dalam meguatkan dan menyehatkan gigi anak

Berbagai manfaat menkomsumsi ikan

Mengurangi Resiko Stroke & Serangan Jantung

Mengkonsumsi ikan dapat mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Hal ini disebabkan ikan memiliki kandungan kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk kecerdasan otak, mengonsumsi ikan secara dapat mengurangi resiko penyakit jantung pada pria maupun perempuan.

Rendah Lemak

Sebagian besar ikan (ikan berdaging putih) maupun sebagian ikan berdaging gelap seperti tuna sirip kuning ataupun sebagian jenis kerang serta makanan laut lainnya memiliki kandungan total lemak yang paling rendah dibandingkan sumber protein hewani lainnya.

Kaya Protein, Vitamin dan Mineral

Ikan memiliki kandungan kaya akan  zat zat sebagai berikut: vitamin A, vitamin D, fosfor, magnesium, selenium, yodium, serta kalsium. Secara mendasar ikan memiliki protein hewani yang sama dengan daging sapi, tapi keunggulan ikan adalah tidak memiliki lemak yang tinggi, disamping itu protein dan nutrisinya sangat mudah diserap tubuh.

Mengurangi Kolesterol LDL

Ikan memiliki kandungan lemak jenuh paling sedikit dibandingkan dengan protein hewani lainnya seperti halnya ayam, daging atau bahkan udang dan lobster. Lemak jenuh inilah yang memiliki peran paling aktif menaikkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mengurangi Peradangan dan Sakit Sendi

Asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam ikan tuna, salmon, makarel, sarden maupun tuna dapat juga mengurangi resiko peradangan dan sakit persendian.

Manfaat Minyak Ikan untuk Janin dan Bayi Menyusui

DHA juga sangat berguna bagi perkembangan otak bayi ataupun janin dalam kandungan. Ikan seperti tuna, makarel, dan sarden bisa menjadi pilihan yang bagus untuk ibu hamil dan menyusui.

Untuk Nutrisi Otak

Kandungan asam lemak omega3 di dalam ikan juga sangat penting untuk otak. Asupan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bagisemua orang tidak terkecuali yang tinggal di perkotaan besar untuk stamina otak.

Minyak Ikan

Namun dari kandungan diatas yang paling banyak diambil untuk dikonsumsi (sebagai suplemen) adalah minyak ikan. Minyak ikan adalah minyak yang diambil dari ikan salmon, tuna, makarel, dan ikan todak yang biasa banyak dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan namun tahukah kamu apa manfaat dari minyak ikan jika belum tahu apa manfaat minyak ikan untuk kesehatan berikut ini ada 10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kesehatan berikut ini.

1. Mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung. Minyak ikan tidak hanya membantu dalam menurunkan trigliserida, pengerasan arteri dan kolesterol, tetapi juga mencegah kelainan irama jantung.

2. Minyak ikan banyak dibuktikan dalam beberapa penelitian untuk menghalau 3 jenis kanker. Seperti, kanker payudara, usus, dan juga prostat.  Omega dalam minyak ikan membantu dalam menjaga sel-sel sehat yang bermutasi menjadi tumor, dan juga mengendalikan pertumbuhan sel jahat.

3. Minyak ikan juga membantu mengatur kadar kolesterol karena kehadiran EPA (eicosapentaenoic acid) dan DPA (docosahexaenoic acid).

4. Mengonsumsi minyak ikan juga bisa digunakan dalam terapi pengobatan hipertensi dan obesitas. Sebuah studi yang dilakukan di Australia menyebutkan bahwa konsumsi minyak ikan secara teratur bisa membantu dalam usaha penurunan berat badan.

5. Minyak ikan membantu dalam mengobati arthritis. Penggunaan jangka panjang dari minyak dapat efektif dalam mengurangi dan mencegah nyeri arthritis.

6. Minyak ikan juga mampu mengobati arthritis. Konsumsi minyak ikan dalam jangka panjang ternyata juga memberikan manfaat untuk mengobati pandangan kabur pada mata.

7. Minyak ikan membantu dalam mengurangi risiko demensia penyakit Alzheimer, dan skizofrenia. Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan dan juga kondisi medis yang mempengaruhi fungsi normal kognitif, emosional, dan tingkah laku.

8. Omega 3 dalam minyak ikan membantu melembapkan sel kulit kepala, menghasilkan kolagen, dan meredakan peradangan kulit penyebab datangya ketombe.

9. Omega 3 mengandung antiinflamasi dan antikoagulan, sebuah sifat yangmembantu dalam menurunkan tekanan darah.

10. Mengonsumsi minyak ikan juga merupakan langkah yang sangat efektif dalam mengurangi masalah pernapasan, seperti asma dengan cara memudahkan penderita saat bernapas.

Sumber:
http://matabon.com/tujuh-manfaat-ikan/
http://palingseru.com/12877/10-manfaat-minyak-ikan-untuk-kesehatan
http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...