Senin, 17 Desember 2012

Jenis-Jenis Ikan Koi

Lihat Ikan Koi.

Asagi

Adalah koi yang memiliki warna hitam keiru-biruan atau biru muda. Susunan sisik Asagi membentuk pola seperti jaring, sementara pipi, perut dan sambungan sirip berwarna merah ataupun orange tua. Koi yang termasuk jenis Asagi antara lain








• Hi Asagi, memiliki warna merah yang tersebar luas di sirip dada, pipi, dan perut.












• Konjo Asagi, memiliki warna hitam yang solid.












• Narumi Asagi, memiliki warna hitam yang kurang tebal.

Bekko

Adalah kelompok koi yang memiliki pola atau corak warna hitam pada warna dasar tubuhnya yang berwarna-warni. Corak hitam pada Bekko berada pada bagian punggung hingga ke ekor tanpa mengenai bagian kepala. Bekko dibedakan menjadi 4 jenis berdasarkan warna dasar tubuhnya, yaitu :







• Shiro Bekko, warna dasar tubuhnya putih dengan corak hitam.





• Aka Bekko, warna dasar tubuhnya merah dengan corak hitam.





 • Ki Bekko, warna dasar tubuhnya kuning dengan corak hitam.




• Bekko Gin Rin, yaitu Bekko dengan sisik mengkilap dan corak hitam.





Goshiki

merupakan jenis koi yang kaya dengan warna. Kata Goshiki sendiri berarti "lima warna" yang mengacu pada warna merah, putih, hitam, biru muda, dan biru gelap yang berpadu dalam satu jenis koi. Namun belakangan ini, koi yang memiliki warna dasar putih dengan pola sisik berjaring seperti Asagi serta corak merah seperti Kohaku juga dikelompokkan ke dalam jenis Goshiki. Koi jenis Goshiki sendiri dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu Goshiki I (kelompok Gosaku) dan Goshiki II (kelompok non-Gosaku).







• Goshiki I, warna dasarnya tidak pekat, seperti abu-abu. 












• Goshiki II, memiliki warna dasarnya hitam pekat.






Hikari Mojimono

Atau disebut juga Ogon adalah koi yang memiliki warna tunggal metalik, baik yang polos maupun yang dihiasi dengan corak berupa jaring hitam. Jenis koi dari kelompok Hikari Mojimono antara lain:






• Platinum Ogon, putih metalik. 









• Cream Ogon, warna tubuhnya cream.











• Gin Matsuba Ogon, putih metalik dengan jaring hitam. 










• Ki Matsuba Ogon, kuning dengan sedikit jaring hitam.









• Yamabuki Ogon, berwarna kuning polos.










• Orenji ogon, berwarna orange polos. 







• Kin Matsuba Ogon, orange dengan jaring hitam. 








• Aka Matsuba Ogon, merah dengan jaring hitam.






 

Hikari Moyomono

Merupakan jenis koi yang memiliki kombinasi 2 warna metalik atau lebih. Jenis koi yang termasuk ke dalam kelompok Hikari Moyomono adalah:







• Kujaku, warna dasar metalik dengan corak orange.











• Doitsu Kujaku, corak orange dan tidak bersisik.










• Yamato Nishiki, putih metalik dengan corak hitam.










• Kikushui, berwarna putih metalik dengan corak merah.









• Hesey Nishiki, tidak besisik dengan warna dasar putih dan corak hitam.






 

Hikari Utsurimono

Adalah kelompok koi yang memiliki warna dasar metalik dengan sisik berbentuk seperti jaring. Hikari Utsuri mono merupakan hasil persilangan antara Showa atau Utsurimino dengan Hikari Mojimono. Pada Hikari Utsurimono, warna yang mendominasi adalah warna hitam. Namun, warna lain seperti warna merah juga sering muncul di kelompok koi ini, misalnya 







Gin Shiro











Kinki Utsuri.










Kin Showa





Kawarimono

Umumnya didominasi oleh warna gelap dan dibagi menjadi 5 jenis utama, yaitu Karasu(gelap), Kigoi(kuning), Matsubagoi(cerah), Midori(hijau), dan Chagoi(coklat). Sedangkan berdasarkan corak warnanya, Kawarimono dapat dibagi menjadi Aka Benigoi, Aka Matsuba, Kigoi, Shiro Muji, Chagoi, Magoi, Saragoi, Ochibasigure, Hajiro, Hageshiro, Kumonryu, Karasu, Midorigoi, dan Doitsu Ochiba.

Kin Gin Rin

Atau biasa hanya disebut Gin Rin adalah kelompok koi yang memiliki sisik berwarna putih perak dan mengkilap. Warna kilap pada Kin Gin Rin timbul karena koi jenis ini memiliki sel pigmen yang dapat memantulkan cahaya. Jenis koi yang termasuk dalam kelompok Kin Gin Rin antara lain:

Kohaku

Adalah koi yang corak tubuhnya hanya terdiri dari dua warna, yaitu merah dan putih. Kualitas Kohaku biasanya dapat ditentukan dari beberapa kriteria sebagai berikut :
  • Warna merah pada tubuh Kohaku yang berkualitas harus merah pekat, namun tetap terlihat cerah. Sementara warna putihnya haruslah putih bersih, sehingga dapat menghasilkan kombinasi warna putih dan merah yang kontras.
  • Corak warna merah pada Kohaku tidak menutupi bagian mata, hidung, pipi, bibir dan tutup insang.
  • Posisi corak warna merah terletak secara seimbang/proporsional antara sisi kiri dan kanan.
  • Tidak terdapat corak merah pada bagian sirip.
  • Perbatasan antara warna putih dan merah (kiwa) pada tubuh Kohaku terlihat tegas dan jelas (tidak memudar). 

Secara garis besar, Kohaku dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu Komoyo dan Omoyo. Komoyo merupakan Kohaku yang memiliki bercak/corak merah yang berukuran kecil. Sedangkan Omoyo adalah Kohaku yang memiliki bercak/corak yang berukuran besar.

Kohaku juga dapat dibedakan menurut aliran corak merah pada tubuhnya, yaitu Renzokomoyo dan Danmoyo. Renzokomoyo memilliki pola/corak merah yang tidak terputus dari kepala hingga ke pangkal ekor. Sedangkan Danmoyo memiliki pola merah yang terputus-putus.
Sedangkan berdasarkan pola merah ditubuhnya, Kohaku dapat pula dibedakan menjadi beberapa jenis :

• Hanatsuki Kohaku, corak merah di dekat mulut menyerupai topeng.


• Maruten Kohaku, memiliki corak merah bundar di kepala dan punggung.
• Maruten-Yondan Kohaku, memiliki bercak merah terpisah dengan 4 corak.
• Kanoko Kohaku, memiliki warna merah terpisah-pisah menyeruoai bercak-bercak.
 • Doitsu Kohaku, kohaku yang tidak bersisik.











Koromo

Adalah kelompok koi yang merupakan hasil persilangan antara Asagi dan Kohaku, atau persilangan antara Asagi dengan Sanshoku. Koi yang termasuk dalam kelompok Koromo antara lain Ai Goromo, Sumi Goromo, Budo Shansoku, Koromo Sanke dan Koromo Showa(Ai Showa).









Ai Goromo yang merupakan hasil persilangan Asagi dengan Kohaku memiliki sisik merah berbatas separuh lingkaran berwarna biru.














Sumi Goromo adalah koi yang pada warna hitamnya tampak semburat merah yang diturunkan dari Kohaku. Pada kepalanya juga terdapat warna hitam ini.












Koi yang mempunyai sisik ungu berbentuk seperti dompolan buah anggur diberi nama Budo Sanshoku.









Koromo Sanke merupakan hasil persilangan Ai Goromo dan Taisho Sanke.

















Koromo Showa(Ai-Showa) adalah peranakan dari Ai Goromo dan Showa Sanshoku.








Budo Goromo







Showa Sanshoku

Atau Showa Sanke merupakan persilangan Ki Utsuri dan Kohaku yang memiliki tubuh berwarna dasar hitam dengan pola warna merah-putih. Bila warna merahnya menonjol pada bagian punggung, maka dinamakan Hi Showa. Sedangkan Showa yang memiliki warna putih yang lebih dominan dinamakan Kindai Showa. Variasi Showa lainnya antara lain, Tancho Showa, Kage Showa, Kanoko Showa, dan Doitsu Showa.

Shusui

Adalah koi yang memiliki sisik berukuran besar dengan kulit yang lembut. Koi yang merupakan hasil persilangan antara Asagi dengan ikan mas asal Jerman ini memiliki punggung yang berwarna biru gelap dengan pipi dan perutnya berwarna merah.

Hana Shusui
Hi Shusui. 


Taisho Sanshoku (Sanke)

Adalah koi non-metalik yang memiliki warna dasar putih dengan dua pola warna, yaitu merah dan hitam. Taisho Sanshoku merupakan persilangan Kohaku dan Shiro Bekko. Warna hitam pada Sanke boleh berada di seluruh tubuh kecuali di bagian kepala. Sanke yang memiliki corak hitam diatas warna merah disebut Kasane Sumi. Sedangkan bila corak hitam melekat di tubuh yang berwarna putih, maka dinamakan Tsubo Sumi. Secara umum, terdapat 8 variasi Taisho Sanshoku, yaitu Aka Sanke, Doitsu Aka Sanke, Koromo Sanke, Fuji Sanke, Kanoko Sanke, Yamato Nishiki, Sanke Shusui, dan Gin Rin Sanke.
• Kasane Sumi, corak hitamnya berada di atas warna merah.
• Tsubo Sumi, corak warna hitamnya berada di atas warna putih.


Tancho

Adalah kelompok koi yang memiliki pola bulatan merah di kepala. Namun bila pola merahnya sudah melewati mata dan mulut, maka koi tersebut tidak bisa disebut Tancho lagi. Di belakang kepala Tancho bisa saja terdapat pola lainnya. Bulatan merah pada Tancho adalah corak yang muncul secara kebetulan dan tidak dapat diperoleh melalui keturunan ataupun persilangan. Jenis-jenis Tancho antara lain Tancho Sanke, Thanco Kohaku, Tancho Goshiki, Thanco Goshiki Sanke, Tancho Kujaku dan Tancho Showa.

Utsurimono

Adalah kelompok koi yang memiliki warna dasar hitam dengan bercak putih (Shiro Utsuri), kuning (Ki Utsuri), atau merah (Hi Utsuri).

Shiro Utsuri
Ki Utsuri

Hi Utsuri












0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...