Selasa, 27 November 2012

Regal Tang


Regal Tang (Paracanthurus hepatus) termasuk famili Surgeonfish genus Paracanthurus  Tubuhnya berwarna biru dan ekornya berwarna kuning. Badannya agak pipih, bentuk tubuhnya melingkar, moncongnya runcing. Ikan ini memiliki 9 duri pinggung, 26-28 sinar lembut punggung, 3 duri anal, 24-26 jari lunak anal dan sejenis pisau kecil yang terbuat dari zat kapur dan dapat disembunyikan didepan sirip ekornya. kegunaan utama dari pisau ini adalah sebagai alat pertahanan diri dari preddator. Panjang tubuhnya sekitar 31 cm, memiliki bau menyengat dan menyebabkan keracunan jika dikonsumsi, karena ikan ini mengandung algamicrocopis. Oleh karena itu ikan ini hanya diperjual belikan sebagai ikan hias saja.

Ekologi.

Ikan ini banyak ditemukan di wilayah Indo-Pasifik, Afrika Timur, Jepang, Samoa, New Caledonia,  dan Great Barrier Reef. Hidup berpasangan atau berkelompok 10-12 ekor. Ikan ini bersifat karnivora dan memakan plankton.

Siklus Hidup.

Ikan Jantan lebih Agresif dari betinannya. Matang gonand pada umur 9-12 bulan. Pemijahannya terjadi selama sore hingga malam hari yang ditandai dengan memucatnya warna biru pada tubuhnya. Pemijahan dilakukan di permukaan air dimana telur dan sperma dilepaskan bersama-sama. telurnya berukuran 0,8 mm. Telur yang sudah dibuahi akan menetas setelah 24 jam, larvanya masih berberwarna keperakan dengan duri diekornya. dan jika dalam bahaya mereka bisa menjadi semi-transparan.

Pemeliharaan.

Regal Tang dianggap sebagai spesies yang damai.. Ikan ini toleran terhadap tangs lain tetapi mungkin menunjukkan perilaku teritorial terhadap anggotanya sendiri. Mereka dinilai aman untuk karang. Ukuran tangki minimal 75 galon dianjurkan. 100 + yang dianggap lebih ideal.
Ikan ini mudah untuk dipelihara oleh aquarists pemula. Tapi rentan terhadap erosi sirip, penyakit garis lateral, ich dan parasit kulit. Mempertahankan kondisi air yang ideal akan membantu untuk menghindari komplikasi tersebut. Perhatian dianjurkan bila menangani ikan-ikan atau surgeonfish lainnya. Mereka mampu menimbulkan luka mendalam yang sering mengakibatkan pembengkakan dan perubahan warna dan menimbulkan risiko infeksi.
Rumput laut dan ganggang adalah makanan utama mereka. Spesies ini sangat bermanfaat dalam akuarium rumah. Mereka sangat baik di menjaga aquarium agar bersih dari alga dan karang akan tetap bagus dan bersih.
Dalam penangkaran ikan ini akan memakan mysis dan vitamin diperkaya udang air laut. Mereka juga akan menggigiti serpihan dan pelet yang mungkin ditujukan untuk anggota lainnya. Dengan kondisi air yang ideal dan makanan yang memenuhi gizi ikan ini dapat hidup sampai 20 tahun.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...