Selasa, 27 November 2012

White Banded Cleaner Shrimp


Salah satu jenis udang yang paling indah dan mudah untuk dipelihara adalah White banded Cleaner Shrimp.
Di alam White banded Cleaner Shrimp banyak ditemukan pada kedalaman sekitar 50 sampai 65 kaki namun dapat ditemukan juga pada kedalaman 15 meter. White banded Cleaner Shrimp membentuk Kelompok yang terdiri dari 20 lebih udang yang dapat membentuk sebuah "stasiun pembersihan" di kedalaman 2 sampai 3 meter (6 sampai 9 kaki). Berbagai ukuran dari berbagai jenis ikan yang datang untuk mengunjungi stasiun pembersih untuk menghilangkan parasit yang menempel pada tubuhnya. Ikan benar-benar berhenti berenang dan sebagian besar waktu digunakan untuk membuka insang mereka sehingga udang cleaner dapat membersihkan parasit yang menempel didalamnya. Kegiatan yang sama dapat diamati di akuarium laut.
Udang ini sangat ideal untuk dipajang aquarium Marinescape, ditempatkan dengan live rock, karang, alga, spons, dan hidup dengan baik dengan invertebrata lainnya yang tersedia untuk penjaga karang. Udang ini dapat membentuk simbiosis dengan ikan lainnya seperti di alam. Namun, ikan singa, ikan kerapu dan beberapa ikan lain mungkin akan melihat udang pembersih ini sebagai camilan lezat!

Taksonomi

Kingdom Animalia, Filum Arthropoda, Kelas Crustacea, Ordo Decapoda, Keluarga Hippolytidae, Genus Lysmata dan spesies amboinensis.
Nama ilmiah dari udang ini adalah Lysmata amboinensis, dikenal juga dengan nama Scarlet Skunk Cleaner Shrimp and Cleaner Red Skunk Shrimp.

Habitat


 Lysmata amboinensis ditemukan di wilayah Indo-Pasifik tropis dan Laut Merah. Amboinensis Lysmata bersimbiosis dengan ikan lain. Udang Cleaner mendapat makanan dari tubuh ikan dan ikan akan terbebas dari parasit yang menempel pada tubuhnya. Ikan yang akan dibersihkan akan berdiam diri di atas karang, membuka mulut dan insangnya lebar-lebar, lalu udang ini mulai memakan parasit dan sisa lainnya yang ada pada tubuh ikan. Setelah membersihkan tubuh ikan, amboinensis Lysmata masuk ke dalam rongga mulut ikan mencapai hingga insang mereka dan membersihkan mereka dan kemudian keluar.


Suhu air: 72-78 derajat Fahrenheit atau 22-26 derajat Celcius.: 1,023-1,025.
Saninitas  air pH air: 8,10-8,40.
Iluminasi: Udang Cleaner membutuhkan cahaya rendah.
Habitat: Anda harus memiliki akuarium karang. Anda dapat menyimpan udang Cleaner dalam kelompok kecil dua sampai tiga ekor.

Feeding & Nutrition: Amboinensis Lysmata adalah omnivora. Umumnya makan parasit yang hadir pada ikan, serpihan sayuran, pelet dan scavenges pada jaringan ikan mati, yang disebut detritus.
Breeding: Jika lebih dari satu amboinensis Lysmata hadir dalam akuarium laut anda maka, mereka akan berkembang biak. Setelah pemijahan, Anda akan melihat telur berwarna terang hijau di finlets terletak di bawah carapace Udang

Perawatan:

Udang Cleaner mudah untuk dipelihara. Fluktuasi kualitas air, khususnya perubahan berat jenis air asin yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan amboinensis Lysmata. Tambahkan Yodium dengan air sebagai suplemen makanan untuk Udang Cleaner untuk memperlancar proses molting nya. Tingginya kadar Tembaga dan Nitrat dalam akuarium laut dapat mematikan bagi amboinensis Lysmata. Udang yang sudah tua bisa jadi sangat lesu dan tidak mampu untuk sering melakukan proses pembersihan atau bahkan makan sendiri. Oleh karena itu, Anda akan perlu untuk memberi makan langsung dari tangan Anda.

Beberapa ikan seperti, Hawk Ikan, Ikan Trigger, Tupai, Lionfish dan Kerapu, dll, dapat makan amboinensis Lysmata. Oleh karena itu, jangan menjaga ikan dan udang Cleaner dalam tangki yang sama.

Perhatian:

Udang Cleaner dapat menggigit makanan yang diberi makan langsung ke polip Stony Panjang (LPS) Karang, ikan atau anggota akuarium laut lainnya.
Amboinensis Lysmata juga dapat mengganggu karang menyebabkan mereka untuk menutup sementara.


Sumber:
http://www.freshmarine.com/cleaner-shrimp.html
http://aquacraft.net/table-content/ma2-white-banded-cleaner-shrimp?doing_wp_cron=1354069256

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...