Rabu, 28 November 2012

Royal Gramma

Spesies ikan Gramma loreto dikenal dengan nama yang berbeda dalam bahasa Inggris, seperti Royal Gramma dan Fairy Basslet. Gramma loreto belum dievaluasi untuk Daftar Merah IUCN Spesies Terancam.

Distribusi habitat, geografis dan kebiasaan

The Royal Gramma ditemukan di Atlantik Barat, dari Bermuda dan Bahama, melalui perairan Amerika Tengah, dan turun ke bagian utara Amerika Selatan.

Ikan ini adalah spesies ikan karang yang suka tinggal di bawah karang atau di gua-gua. Royal Gramma hidup di kisaran kedalaman 1-60 meter.

Ukuran terbesar Royal Gramma adalah 8,0 cm.

Ikan ni adalah ikan bicoloured (memiliki du warna), setengah depan ungu, sementara di belakang oranye-kuning mencolok. Di bawah air, warna ungu biasanya terlihat biru. Dua warna kontras indah terhadap satu sama lain.

Perawatan Royal Gramma 

Royal Gramma  adalah ikan laut yang relatif kuat dan sering dipelihara oleh aquarists laut pemula. Ikan ini tidak dianjurkan untuk rumah dalam akuarium lebih kecil dari 30 galon / 115 liter. Akuarium harus mengandung banyak gua-gua, celah-celah dan batu. Jangan menggunakan pencahayaan yang tajam. Ikan ini dapat dipelihara secara tunggal atau berpasangan, atau sebagai sebuah kelompok kecil jika akuarium Anda cukup besar.

The Royal Gramma relatif damai, tetapi akan mengusir ikan kecil yang mencoba untuk menduduki gua favoritnya. Ikan ini dapat memutuskan untuk melawan ikan yang mirip dengan itu sendiri, seperti anggota lain dari keluarga Grammatidae, dottybacks dan seabass kerdil. Hindari menggabungkan dengan ikan yang lebih agresif yang mungkin melampirkannya.

Suhu air yang disarankan adalah 72-78 ° F / 22-25,5 ° C. pH-nilai harus antara 8,1 dan 8,4 dan gravitasi spesifik pada 1,020-1,025.

Pakan Royal Gramma

Di alam liar, Royal Gramma bekerja sebagai ikan pembersih, menghilangkan ektoparasit dari ikan lainnya. (Ektoparasit adalah sebuah parasit yang hidup pada atau di kulit ikan.) Dalam akuarium, dapat dilatih untuk menerima makanan kecil, misalnya udang air asin dan udang mysis. Hal ini juga dapat belajar untuk makan makanan mati, misalnya Crustacea daging, daging ikan, dan pakan beku lainnya. Royal Gramma tidak dianggap sulit untuk memberi makan di akuarium.

Budidaya Royal Gramma

Ketika saatnya untuk berkembang biak, Royal Gramma jantan akan membangun sarang di antara bebatuan menggunakan potongan ganggang. Dia kemudian akan memimpin ikan betina ke sarang di mana ia akan menaruh 20-100 telur kecil di antara helai ganggang. Selama masa perkembangbiakan, perilaku ini dapat diulang hampir setiap hari selama satu bulan atau bahkan lebih lama.

Telur biasanya berukuran sekitar 1 mm dan dilengkapi dengan tonjolan kecil di atas permukaan, dengan benang kecil membentang dari mereka. Benang ini memungkinkan telur untuk tetap melekat pada ganggang di dalam sarang. Anda dapat mengharapkan telur menetas setelah 5-7 hari, biasanya di malam hari ketika gelap.

Royal Gramma telah sukses dikembangbiakan di penangkaran. Anda dapat memberi makan rotifera goreng sampai mereka telah tumbuh cukup besar untuk melahap udang air garam yang baru menetas.

Sumber:
http://www.aquaticcommunity.com/Grammas/Royal.php

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...