Minggu, 09 Maret 2014

Fauna Pembasmi Algae

Fauna pemakan lumut merupakan tambahan yang bagus untuk akuarium aquascape, tetapi penting untuk memandang mereka dengan status yang sama yang Anda berikan kepada semua hewan peliharaan lainnya, pastikan bahwa Anda memilih spesies yang sesuai untuk akuarium anda, dan Anda menyediakan apa yang mereka butuhkan untuk hidup dengan baik dalam jangka panjang.
Lumut yang muncul di aquarium dapat merusak keindahan aquascape
Kenapa hal ini penting, karena bila algae sudah habis, maka fauna pemakan algae dapat kelaparan dan kemudian
mati. Pengecualian kasus di mana Anda memiliki beberapa aquarium dimana pada saat satu aquarium terserang algae, anda dapat memasukan pasukan pemakan algae kesana dan kemudian memindahkan nya ke tank yang lain untuk diberi makan jika algae telah habis.
Cara yang paling efektif menggunakan pemakan algae adalah dengan mengkombinasikan berbagai jenis pemakan alga. Karena tidak semua fauna pemakan algae memakan semua jenis algae. Kombinasi dari siput, udang dan ikan adalah kombinasi yang sempurna untuk memerangi algae.

 
IKAN OTOCINCLUS :
Ikan yang kecil ini sangat efektif membasmi algae di aqarium anda dan tubuhnya yang mungil dan indah yang cocok untuk aquascape.Ikan ini mempunyai beberapa jenis yaitu otocinclus affins,otocinclus cocama(zebra) dan otocinclus lemon.

 
IKAN CAE/LAE :
Ikan yang satu ini adalah ikan yang juga efektif membasmi algae dan cocok digunakan untuk tema aquascape anda.Disarankan memelihara ikan ini satu saja karena ikan ini akan cepat bertumbuh besar dan menjadi teritorial.

 
IKAN SAE :
Ikan ini memakan semua jenis algae dan jika tidak ada algae lagi maka ia akan memakan moss anda jika ia sedang lapar.Ikan ini bisa memakan pelet ikan dan ikan ini adalah ikan pelompat yang handal jika aquarium anda tidak ada penutup pada baian atasnya.Ikan ini juga termasuk ikan teritorial.

 
IKAN PLECO :
Ikan ini memakan algae tetapi kurang ampuh dan juga bisa sangat besar jika ia sudah dewasa.Ikan ini mempunyai berbagai jenis warna dan juga senang bersembunyi.Ikan ini juga memakan sisa sisa makanan yang tidak habis di makan oleh ikan lainya.

 
IKAN CORYDORAS :
Ikan ini mempunyai wujud mungil dan sangat indah di aquascape.Ikan ini pemakan algae dan sisa sisa makanan ikan yang lain.Ikan ini mempunyai beberapa jenis seperti corydoras panda,corydoras albino,corydoras sterbai dan corydoras pygmy.

 
IKAN BORNEO SUCKER :
Ikan ini mirip dengan ikan pleco atau ikan sapu sapu dan juga termasuk pemakan algae dan memakan sisa makanan ikan.Ikan ini sangat cocok untuk aquascape karena mungil dan berwarna indah.


COBALT BLUE GOBY :
Ikan mungil yang berasal dari maluku ini juga termasuk pemakan algae dan bisa di beri makan menggunakan
makanan ikan yang tenggelam.
 
Keong ini adalah keong hias yang bercangkang blaster yang ampuh membasmi algae di aqua anda.
Keoung ini tidak menjadi hama di aquascape anda karena tidak bisa berkembangbiak di aquascape anda.

 
 UDANG RED CHERRY :
Udang yang satu ini sangat aktif memakan algae dan juga sangat murah di pasaran.Udang red cherry ini mempunyai postur tubuh mungil dan mempunyai warna merah yang menyala.

 
UDANG AMANO/YAMATO :
Udang ini sangat efektif membasmi algae dari pada udang yang lainnya dan harganya cukup mahal di pasaran.Udang ini berasal dari air payau dan kata sebagian orang udang ini bisa menetaskan telurnya di air payau.
Whiptail catfish
American Flag-fish

Black Molly
Sumber:
http://fishscapeworld.blogspot.com/2013/07/cleaning-service-di-aquascape.html
http://pj7aquarium.wordpress.com/2012/11/16/ikanhewan-pemakan-algae-untuk-aquascape/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...