Minggu, 09 Maret 2014

Keong Dalam Aquascape

Ga selamanya keong yang ada di aquascape anda itu merusak dan menjadi hama. Ada juga nih keong-keong yang berguna. Ada beberapa nih yang bisa gw share dari berbagai sumber  :

keong turbo


Keong yang satu ini tugasnya makanin lumut dengan rakus. Nyarinya juga ga begitu susah sih karena udah banyak di toko-toko ikan yang emang jual peralatan buat aquascape. Kalau di Jogja keong ini bisa dicari di toko ikan di daerah bantul sana di jalan parang tritis dengan harga 3000an per ekor. Pembelian yang sangat masuk diakal, murah dan sangat berguna. Punya keong ini di aquascape anda bakal sangat membantu dalam mengkontrol pertumbuhan lumut di aquarium tercinta. Selain itu, motifnya juga beragam dan bisa mempercantik aquarium kita.

Keong tanduk

Fungsinya ga jauh beda ama si keong turbo, tapi cangkangnya dihiasi sama tanduk-tanduk yang bikin penampakan doi lebih menarik dan atraktif. 

Assassin snail

Ini dia jagoan dari kalangan keong yang berani ngebasmi sodara-sodaranya yang mengganggu seperti mengkontrol jumlah MTS dan sodara-sodaranya yang muncul tiba-tiba di dalam aqua kita. Cukup 3-4 ekor pertangki, kalau terlalu banyak takutnya malah benar-benar membinasakan semua MTS yang ada di dalam aquarium kita.

Ramshorn snail

Ini ada lagi yang fungsinya mirim sama keong turbo,tapi dengan bentuk keong yang lebih atraktif berbentuk seperti tanduk kambing jantan. Makanannyapun juga mirip, mulai dari ganggang, makanan ikan yang tersisa di dasar akuarium hingga bangkai ikan.


Malaysian trumpet snail (MTS)

Si doi bisa muncul tanpa perlu dibeli ga seperti keong-keong di atas. Si doi muncul dari substrat aquarium kita sendiri dan berfungsi sebagai pemakan sisa tanaman di aquascape kita, memakan kotoran ikan bahkan menjaga aquarium kita dari serangan planaria. Kita sering under ustimate nih ama si doi karena kemunculannya yang tiba-tiba sambil bawa masa di aquarium kita. Tapi ternyata doi punya banyak kegunaan dan sebaiknya dibiarkan tumbuh di aquarium kita, dengan catatan jumlahnya yang terkontrol dan ga ngerusak pemandangan.
 
Sumber:
http://dananjayapije.blogspot.com/2011/10/keong-keong-yang-berguna-buat-aqua-anda.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...