Jumat, 14 Desember 2012

Tetra



Ikan Tetra  ini berasal dari daerah Amazon, dekat perbatasan Peru. Di alam aslinya, ikan ini bersifat omnivora. Ukuran tubuh maksimal hanya sekitar 3 cm.
Di alam ikan ini mendiami perairan yang sedikit asam (pH agak rendah), kesadahan rendah, dan suhu antara 20 - 26 °C. Ikan neon tetra dapat hidup hingga lima tahun. Ikan neon tetra sangat mudah dipelihara di akuarium dengan air yang memiliki pH sekitar 5,0 - 7,0 dan kesadahan 1,0 - 2,0. Karena ukurannya yang kecil, sebaiknya ikan ini tidak dipelihara bersama dengan ikan yang berukuran besar atau ikan yang agresif. Ikan tetra dapat dipelihara bersama dengan jenis tetra lainnya seperti rummy-nose tetra, cardinal tetra atau jenis ikan lainnya. Tetra bersifat omnivora dan menyukai makanan berupa flake food, udang-udang kecil, daphnia, cacing darah beku, tubifex atau pelet berukuran kecil.

Untuk membudidayakan tetra, tempatkan sepasang ikan di bak pemijahan yang gelap. Intensitas cahaya kemudian dapat ditingkatkan secara bertahap hingga pemijahan terjadi. Selama proses perkawinan ini, ikan dapat diberi pakan berupa larva nyamuk. Sesudah bertelur, induk dapat diambil atau dikeluarkan dari akuarium. Setelah 24 jam, telur akan menetas. Biasanya air untuk penetasan tidak diberi aerasi agar pH-nya stabil. Kalaupun diberi, aerasinya sangat kecil.
Cardinal tetra
Rummy Nose Tetra
Glowlight Tetra
Silver Tip Tetra

Green Fire Tetra

Bleeding Heart Tetra


Red EyeTetra

Serpae Tetra
Black Neon Tetra
Black Tetra
Blue Tetra
 Congo Tetra
Lemon Tetra
 Rosy Tetra
Silver Tetra

Sumber:
http://ragampanduan.blogspot.com/2012/03/jenis-ikan-tetra.html
http://pondokair.com/ikan_neontetra.html
http://pondokair.com/jenis-tetra.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...