Sabtu, 13 Juli 2013

Fakta Unik Ikan Salmon

salmon n bear
Alaska sebagai salah satu negara bagian Amerika Serikat dengan pesona alam yang begitu indah. Hamparan pegunungan, sungai dan salju menjadi daya tarik tersendiri tidak hanya bagi penduduknya tetapi juga bagi wisatawan yang berkunjung. 3 dari puluhan binatang yang berhabitat di Alaska yang menjadi primadona bagi bidikan kamera para wisatawan yaitu Elang, Beruang dan tentunya Ikan Salmon.


Pelestarian lingkungan alam menjadi nilai penting bagi Pemerintah Daerah Alaska, hal ini terbukti dengan diberlakukannya beberapa peraturan yang cukup ketat kepada masyarakat lokal dan wisatawan, diantaranya dalam rangka mengkonservasi Ikan salmon dari pemburuan liar, diberlakukan bagi siapapun yang akan memancing ikan salmon, baik di sungai, Danau ataupun laut harus memiliki ijin dengan membayar biaya $20 ( memancing sehari) tergantung paket ada yang harian, mingguan bahkan bulanan dan tahunan.
DCIM101MEDIA
Penasaran bagaimana rasanya memancing ikan salmon di habitatnya langsung, akhirnya sayapun memutuskan untuk mengikuti kegiatan memancing di Haines, Alaska, tentunya dengan dengan mengikuti tour dan membayar $20 untuk ijin memancing.
Life cycle of salmon
Danau yang kami tuju yaitu Chilkoot Lake, Haines Alaska. Dengan menggunakan private yatch akhirnya kami sampai di pinggir danau yang penuh dengan puluhan bahkan ratusan Ikan salmon pink (Pink Salmon), dengan berbagai ukuran mulai dari bobot 1 sampai sekitar 7 kg. luar biasa! sebuah pemandangan langka. Beruntung bahwa kami memancing pada musim yang tepat dimana Ikan Salmon ini sedang pulang kampung dari perantauan yang panjang.
Guide lokal kamipun menceritakan fakta unik dari Ikan salmon.. wah pengen tau kan, bagaimana Ikan Salmon ini berkembang biak?
berikut ulasan yang saya rangkum dari hasil observasi lapangan dan data dari wikipedia.
Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.
Salmon ini lahir di perairan air tawar, mereka bermigrasi ke lautan setelah dewasa, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi.
Terdapat suatu kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat yang sama di mana ia dilahirkan untuk berkembang biak. Penelitian menunjukkan demikian, namun alasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana salmon dapat menyimpan memori tersebut masih misteri.
Salmon kembali ke perairan air tawar yang deras untuk berkembang biak. Metode navigasi yang dilakukannya kemungkinan dilakukan dengan indra penciuman ikan tersebut. Setengah dari salmon dewasa akan mati dalam beberapa hari hingga minggu setelah berkembang biak.
Untuk menaruh telur, salmon betina mengepakkan ekornya untuk menciptakan wilayah bertekanan rendah untuk mengangkat kerikil agar tersapu arus, menciptakan celah baginya untuk menaruh telur. Satu celah dapat menampung 5000 telur, menutupi area sekitar 2,8 m2.
Warna telur bervariasi dari oranye hingga merah. Satu atau lebih salmon jantan akan mendekati betina dan mengeluarkan spermanya ke air untuk membuahi telur. Salmon betina lalu menutupi telur-telurnya dengan menyapu kerikil lalu pergi bertelur di tempat lain.
Salmon betina dapat melakukannya sebanyak tujuh kali sebelum telur dalam ovariumnya habis. Salmon akan mati kelelahan segera setelah bertelur.
Salmon muda menetap di perairan air tawar tersebut tempat mereka dilahirkan, selama tiga tahun sebelum bermigrasi ke lautan. Pada masa tersebut, mereka berwarna keperakan. Diperkirakan hanya 10% dari jumlah telur yang selamat mencapai tahap ini.
Salmon menghabiskan waktu selama satu hingga lima tahun sebelum mencapai usia kematangan seksual. Salmon dewasa akan kembali ke tempat di mana dia dilahirkan untuk berkembang biak. Untuk menuju ke proses tersebut, beberapa jenis salmon mengembangkan taring. Warna mereka akan menjadi gelap. Jarak perjalanan yang dilakukan salmon sangat menakjubkan, mereka dapat mengarungi arus sungai sejauh 1.400 km dan mendaki setinggi 2.100 m dari lautan menuju tempat di mana mereka dilahirkan.
wah unik ya?
ternyata Ikan Salmon ini tidak pernah lupa dengan kampung halamannya…

Sumber:
http://www.hejocokor.com/2013/04/28/fakta-unik-ikan-salmon-alaska/

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...