Rabu, 16 Januari 2013

Tigerfish aka Datnoid aka Datz


Tigerfish adalah ikan yang berasal dari, aliran sungai dan anak sungai tropis di Indonesia dan Thailand. Tigerfish sangat populer di kalangan penghobi akuarium karena warnanya yang seperti harimau dan tipe tubuh yang unik.  Tigerfish sangat agresif terhadap spesies ikan kecil dan kadang bertengkar dengan Datz lainnya.

Tigerfish memiliki tubuh tinggi dengan dahi miring tajam. Berwarna emas dan ditutupi dengan bar vertikal hitam yang memanjang di seluruh tubuh. Tergantung pada lokasi geografis, mereka dapat memiliki antara 5 dan 7 bar. Tigerfish dapat tumbuh hingga 18 inci di alam liar, tetapi mereka jarang mencapai ukuran ini di akuarium rumah. Dalam lingkungan captive mereka biasanya hanya akan mencapai antara 10 sampai 14 inci. Mereka bisa hidup hingga 15 tahun jika dirawat dengan baik dan ditempatkan di sebuah akuarium besar.

Seperti kebanyakan spesies ikan besar, ukuran akuarium sangat penting untuk memelihara Tigerfish di akuarium. Tigerfish membutuhkan kualitas air yang sangat baik untuk menjaga kesehatannya. Para kolektor harus menggunakan penyaringan tabung besar bersama dengan aliran air internal tambahan yang disediakan oleh powerheads dalam rangka menciptakan tingkat tinggi oksigen terlarut dalam akuarium yang efisien.



Sebagai datnoids adalah ikan teritorial, perkelahian antara individu sejenis yang tidak dapat dihindari. Dari pengalaman saya, lebih baik tidak menyimpan hanya 1 pasang Tigerfish yang sama dalam tangki. Jika ingin memelihara Tigerfish lebih dari satu maka minimal harus ada 3 atau lebih Tigerfish dalam satu aquarium.

Jenis-Jenis Tigerfish

Datnioides Pulcher.

Jenis yang termahal adalah Datnioides Pulcher dari Siam. Harga Datnioides Pulcher menjadi sangat mahal karena populasinya sudah terancam punah akibat over fishing, perdagangan & rusaknya habitat. Kadang - kadang ditemukan spesimen Indo Datz yang memiliki corak loreng-loreng  mirip Pulcher.... hanya saja kualitas warnanya jauh lebih rendah dari Pulcher.
Di pasaran ikan hias internasional, Datnioides Pulcher harganya jauh lebih mahal daripada jenis Datnioides lain. Hal ini mungkin karena disebabkan oleh kelangkaan jumlahnya dan keindahan warnanya. hal ini mengakibatkan harga Datnioides Pulcher sangat mahal.
Datnioides Pulcher.

Datnioides Undecimradiatus.

Datnioides Undecimradiatus atau Golden Datz adalah yang memiliki warna paling cantik. Warnanya tubuhnya keemasan dan corak garis di tubuhnya lebih tipis daripada jenis Tiger Datz yang lain, karena itulah sering disebut Thin Bar Datz. Kualitas warna Datz ini sama baiknya dengan Pulcher, yang membedakan hanyalah bar pada Datnioides Undecimradiatus lebih tipis.
Datnioides Undecimradiatus

Datnioides Campbelli.

Papua Datz (Datnioides Campbelli) adalah jenis Datz yang mulai terkenal. Ikan ini berasal dari pulau Papua. Meski corak loreng-lorengnya terlihat kotor, namun warna kuning tubuhnya sangat terlihat cantik. Bahkan menurut sebagian kolektor yang memeliharanya, Papua Datz lebih memiliki warna yang lebih baik daripada Indo Datz. Karena bentuk corak dan keunikannya, maka Papua Datz dianggap sebagai Datnioides yang paling unik.
Datnioides Campbelli.

Datnioides Microlepis.

Indo Datz (Datnioides Microlepis) adalah jenis Datz yang paling umum dijumpai, bentuk dan warnanya hampir mirip dengan Pulcher namun warnanya tidak sebaik Pulcher. Jumlah garis pada Indo datz lebih banyak daripada Pulcher.
Datnioides Microlepis
Indo Datz yang berasal dari Kalimantan memiliki warna yang oranye. Sementara itu Indo Datz yang berasal dari Sumatera berwarna kuning. Kadang-kadang ditemukan spesimen Indo Datz yang memiliki corak sangat mirip dengan Pulcher. Saya memiliki specimen Indo Datz yang memiliki corak garis & kualitas warna hampir mirip dengan Pulcher.




Sumber:
http://www.aquariumdomain.com/viewSpeciesFreshwater.php?id=216
http://melanoptera.blogspot.com/2012/09/datnioides.html
http://www.aquaticcentral.com/tigerfanatics/

2 komentar:

krisna pranata mengatakan...

Nice Info gan.
Thx.

Faizal Arief mengatakan...

sorry numpang tanya nih masbro.. masi punya datz papua ga saat ini ya? kalo masih, ada niat menjualnya ga ya masbro?

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...