Kamis, 27 Desember 2012

Manfaat Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki nilai gizi tinggi untuk semua umur, apalagi untuk anak-anak dan ibu hamil. Kandungan gizi ikan salmon yang juga kaya akan minyak, selain dijadikan bahan untuk berbagai resep masakan ikan, ikan salmon juga sering dimanfaatkan menjadi minyak ikan. Minyak ikan salmon ini punya berbagai macam manfaat, sesuai dengan kandungan gizi yang terkandung dalam ikan salmon. Meski terhitung lebih mahal dari ikan-ikan lain pada umumnya, namun karena manfaat ikan salmon ini cukup banyak, maka ikan salmon tetap dijadikan pilihan untuk menu makanan sehat oleh banyak orang.

Cara memilih ikan salmon yang masih segar

Anda bisa mengolah berbagai resep masakan salmon di rumah. Sebaiknya anda memilih ikan salmon yang segar untuk dikonsumsi. Ikan salmon yang sudah busuk, akan mengandung banyak bakteri-bakteri yang akan berefek pada kulit anda seperti alergi. Untuk mengetahui ikan salmon yang segar, anda perlu memperhatikannya dari bau, warna, serta lendirnya. Ikan salmon yang segar akan berbau amis wajar (tidak menyengat), warnanya masih merah muda dan segar (jika sudah berubah warna dan berbintik-bintik berarti sudah tidak segar), kemudian ikan salmon yang sudah berlendir jika disentuh maka ikan salmon tersebut sudah tidak segar lagi.

Cara membersihkan dan menyimpan ikan salmon.

Berbeda dengan ikan lain, ikan salmon tidak harus dicuci sebelum di olah menjadi masakan atau sebelum disantap. Cara membersihkannya cukup di lap saja.
“Membersihkan daging ikan memang perlu tetapi kalau untuk ikan salmon, jangan pernah Anda mencucinya, jika dicuci dan Anda makan maka akan berbahaya,” jelas Chef Dwi Irawan, Chef Sushi Resto Poke Sushi saat ditemui di Resto Poke Sushi, Hotel Crown, Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (13/7/2012)
Ikan salmon memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan mudah hancur, jika dicuci maka juicy yang ada didalam ikan salmon jadi keluar, sehingga akan berdampak pada daging ikan salmon akan hancur. Proses pembersihan pada daging ikan salmon, anda pun harus memakai kedua tangan untuk membalikkan daging ikan salmon baik itu dalam proses pemotongan maupun pembersihan.
“Jangan simpan salmon lebih dua hari, karena itu bisa berbahaya bagi Anda kalau disimpan dalam waktu lama meskipun ditaruh di dalam freezer,” jelas Chef Dwi Irawan, Chef Sushi Resto Poke Sushi saat berbincang dengan Okezone di Resto Poke Sushi, Hotel Crwon, Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2012).
“Pada saat penyimpanan daging ikan salmon, pisahkan sama jenis bahan makanan lainnya seperti daging sapi, ayam, jenis seafood lainnya karena juicy dari bahan makan yang lain memiliki kadar bakteri yang lebih tajam ketimbang ikan salmon makanya salmon mudah sekali terjangkit bakteri bila disatukan,” tambahnya lagi.
BIar lebih pastinya, sebaiknya dalam proses penyimpanan daging ikan salmon taruh ke dalam wadah kedap udara maupun box sebagai tempat penyimpanannya agar terlindungi dari bakteri bahan makanan lainnya.
Klik link berikut untuk mengetahui secara lengkap bagaimana tahapan cara membersihkan dan memotong ikan salmon.

Manfaat ikan salmon secara umum:

  • Membantu dalam pemeliharaan sirkulasi darah normal.
  • Mendukung fungsi kardiovaskular sehat.
  • Membantu melancarkan peredaran darah ke rahim.
  • Memberikan bantuan sementara dari rasa sakit rheumatoid arthritis.
  • Mendukung mobilitas sendi yang sehat.
  • Membantu mempertahankan kesehatan fungsi kognitif dan memori.
  • Memberikan manfaat tambahan asam lemak Omega 3 selama kehamilan & membantu perkembangan otak janin.
  • Membantu untuk mempromosikan kulit yang sehat.
  • Membantu dalam pemeliharaan atau perbaikan kesejahteraan umum.
  • Mencegah serangan jantung
  • Mengurangi resiko kematian
  • Mengurangi gejala lupus
  • Mencegah resiko kanker prostat
  • Mengurangi resiko kanker payudara
  • Mengurangi radang
  • Mencegah gejala kanker lanjutan
  • Melindungi tubuh dari asma
  • Baik untuk perkembangan anak-anak
  • Meringankan gejala sindrom kelelahan kronis
Dr Basant Puri dan rekan-rekan di Rumah Sakit di London menemukan bahwa mengambil omega-3 suplemen minyak ikan dapat membantu untuk meringankan beberapa gejala berkaitan dengan sindrom kelelahan kronis.
Berikut kandungan gizi ikan salmon secara lengkap yang dikutip dari
http://www.marineharvestcanada.com
ATLANTIC SALMON
Nutrition facts
Serving size 100.00 g
Vitamins

Amount Per Serving


Vitamin A 1.00 iu
Energy 231.00 Kcal
Vitamin B1 0.12 mg
Energy from fat 90.00 Kcal
Vitamin B2 0.05 mg
Total Fat 13.00 g
Vitamin B6 0.55 mg
Saturated Fat 3.10 g
Vitamin B12 4.50 mg
Trans Fat 0.20 g
Vitamin C 0.21 mg
Monounsaturated Fat 5.30 g
Vitamin D 0.75 mg
Polyunsaturated Fat 3.60 g
Vitamin E 2.70 mg
Sum EPA+DHA 1.60 g
Nicotinic acid 8.10 mg
Sum Omega 3 2.00 g
Amino Acids

Sum Omega 6 1.30 g
Alanine 1.21 g
Omega 6 Omega 3 0.66

Arginine 1.21 g
Cholesterol 55.00 mg
Aspartic acid 2.12 g
Protein 22.00 g
Cystin 0.24 g
Total Carbohydrate 9.00 g
Glutamic acid 2.85 g
Dietary fibre 8.40 g
Glycine 0.97 g
Sugars 0.10 g
Histidine 0.97 g
Moisture 65.00 g
Isoleucine 0.99 g
Minerals 855.00 mg
Lysine 1.82 g
Phosphorus 250.00 mg
Methionin 0.66 g
Potassium 430.00 mg
Phenylalanine 0.80 g
Sodium 37.00 mg
Proline 0.70 g
Calcium 8.00 mg
Serine 0.79 g
Chloride 100.00 mg
Threonine 1.00 g
Copper 0.20 mg
Tyrosine 0.66 g
Iodine 0.00 mg



Iron 0.40 mg



Magnesium 29.00 mg



Selenium 0.0 mg 0.00 mg



Zinc 0.40 mg



Ikan salmon memang benar-benar kaya akan gizi. Tak heran jika harga ikan salmon mahal di pasaran. Konsumsi ikan salmon yang teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh anda dan keluarga. Jadi tak ada salahnya jika anda memasukkan olahan ikan salmon seminggu sekali untuk menu santapan spesial untuk anda dan keluarga

Sumber:
http://infodari.com/apa-saja-manfaat-dan-kandungan-gizi-ikan-salmon/#ixzz2GG1OgCrW

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...