Minggu, 09 Maret 2014

Sentra ikan hias Parung: Terbesar di Indonesia

Jika Anda penghobi ikan hias, ada satu tempat  yang harus Anda kunjungi. Pasar ikan hias Parung,  lokasinya terletak di belakang Masjid Raya Parung di Jalan Raya Parung, Bogor.  Di pasar tradisional ini berbagai ikan hias dari berbagai daerah di tawarkan disini.  Mulai dari koki, arwana, koi, komet, gupi, cupang, diskus ada disini.  Namun bagi Anda yang ingin mencari ikan konsumsi  seperti lele dan gabus juga bisa didapat disini.


Yang unik dari pasar ikan hias ini adalah hanya buka setiap hari senin, rabu dan jumat mulai pukul 04.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.  Jika Anda ingin  mendapatkan pilihan yang banyak, Anda harus datang lebih pagi kepasar ini. Jangan lupa memakai sepatu boot karena becek dan membawa senter untuk memilih ikan.  Pasar yang terletak di kawasan Parung Bogor ini memang sudah terkenal oleh seantero penghobi ikan hias di Jakarta dan sekitarnya.  Boleh dibilang pasar ikan hias ini adalah pasar ikan hias terbesar di Indonesia.

Dipasar ini ikan-ikan di taruh dalam kolam-kolam kotak buatan atau dalam kantong-kantong plastik.

Untuk harga ikan hias sangat bervariasi , misalnya satu paket maskoki isi 5 ekor di hargai Rp.50.000 itupun masih bisa nego,  boleh dikata miring namun tetap dibutuhkan kepadaian dalam tawar menawar, karena boleh dibilang perputaran ikan hias disini sangat cepat.  Anda juga bisa membeli ikan secara grosiran, seperti satu kantong plastik ikan cupang berisi 30 ekor di jual Rp.180.000.
Menurut  Jaja, salah seorang pembeli, dipasar ini, selain bisa mendapatkan ikan hias dengan harga miring, banyak juga pilihan untuk dicari.

“ Kita harus pintar-pintar nawar mas, dan cepat-cepatan mas, kalo nggak ikan yang kita pingin sudah pindah ke orang lain” kata Saidi salah seorang pembeli.

Selain ikan hias dan ikan konsumsi dipasar ini juga tersedia berbagai macam tanaman air bagi pencinta aquascape.

Untuk menuju lokasi, jika anda dari Jakarta mengambil arah menuju Bogor lewat Parung. Kemudian di pertigaan Masjid Raya Parung,  Anda tinggal belok kanan. Sekitar 100 meter setelahnya ada gang kecil di sisi kanan. Dari ujung gang itu sudah terlihat kerlap-kerlip lampu yang menghiasi lapak pedagang ikan. Ingin ikan hias harga miring, pasar ini tempatnya!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...